September Tourism Calendar


NGANJUK

PROSESI SIRAMAN SEDUDO

Waktu : 1 hari sebelum tgl 1 Suro (penanggalan Jawa) / 1 Oktober 2016
Tempat : Objek Wisata Air Terjun Sedudo Ds, Ngliman Kec. Sawahan

Prosesi Siraman Sedudo merupakan atraksi wisata budaya yang sangat unik. Dilaksanakan secara turun-temurun sejak zaman Majapahit oleh penduduk Ngliman yang kala itu dikenal dengan nama Upacara Prana Prathista. Wisata Budaya unggulan Kabupaten NGanjuk ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, dipimpin langsung oleh Bupati Nganjuk, dihadiri para pejabat, masyarakat dari segala lapisan, wisatawan baik dari dalam dan luar daerah.

PROSESI JAMASAN PUSAKA

Waktu : Setiap Bulan Suro penanggalan Jawa, (Oktober 2016)
Tempat : Desa Ngliman Kec. Sawahan

Prosesi pembersihan, pencucian dan perawatan pusaka-pusaka di Gedung Pusaka Desa Ngliman Kec. Sawahan Kab. Nganjuk yang dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Suro. Penentuan tanggal dilakukan oleh sesepuh Desa Ngliman.

KEGIATAN WAYANG PURWO PERIODIK

Waktu : Oktober 2016
Tempat : 10 Kecamatan di Kab. Nganjuk

Merupakan pertunjukan Wayang Purwo secara periodic yang dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan budaya adiluhung serta meningkatkan kualitas seiring perkembangan jaman.

More Info

KOTA BLITAR

PAGELARAN SENI BUDAYA MALAM MINGGUAN

Waktu : Setiap Malam Minggu
Tempat : PIPP Kota Blitar, Istana Gebang

Pagelaran seni disetiap malam mingguan adalah pagelaran seni yang dipentaskan oleh kelompok kesenian tradisional dari masing – masing kelurahan se kota Blitar secara bergantian. Pagelaran seni ini bertujuan sebagai wujud untuk nguri – nguri (melestarikan) budaya Jawa agar kesenian tradisional tetap eksis, serta mengantisipasi kepunahan

More Info

SUMENEP

SAPI SONOK

Waktu : 2 Oktober 2016
Tempat : Lapangan Timur A Yani Sumenep

Selain Kerapan Sapi masyarakat Sumenep mempunyai budaya yang bernama Sapi Sonok atau kontes kecantikan sapi betina. Sapi betina didandani layaknya peragawati, dengan dibantu pawang dan music saronen sapi berlenggak-lenggok layaknya model. Disamping dandanan dan penampilan sapi juga dinilai mengenai kesehatannya. Contac Person : Rony (087752042700 )

KERAPAN SAPI

Waktu : 16 Oktober 2016
Tempat : Lapangan Kerapan Sapi Giling Kab. Sumenep

Kerapan Sapi adalah atraksi wisata berupa balapan sapi jantan yang unik dan sangat menarik untuk ditonton. Kegiatan ini sangat digemari oleh masyarakat Sumenep dan Madura pada umumnya. Dikenal luas baik di Nusantara maupun Mancanegara. Contac Person : Rony ( 087752042700 )

HAUL RAJA-RAJA SUMENEP

Waktu : 30 Oktober 2016
Tempat : Komplek Pemakaman Asta Tinggi Kebonagung Sumenep

Haul Raja-raja Sumenep adalah tradisi tahunan masyarakat Kabupaten Sumenep yang dilaksanakan di komplek pemakaman AstaTinggi untuk memperingati dan mendoakan Raja-raja Sumenep menjelang Hari Jadi Kabupaten Contac Person : Rony (087752042700 )

More Info

BONDOWOSO

FESTIVAL MUHARRAM BONDOWOSO 2016

Waktu : 1 Muharram (Oktober 2016)
Tempat : Alun-alun RBA Ki Ronggo Kab.Bondowoso

Event Utama Pemerintah Kabupaten Bondowoso yang digelar setiap tahun dalam rangka menggali potensi dan menggelar prestasi atas potensi ekonomi, pariwisata, social budaya dan produk unggulan Kabupaten Bondowoso. Event ini dilaksanakan selama 2 minggu & terbuka untuk umum, sehingga masyarakat, pelaku usaha & wisatawan dapat mengunjungi & menikmatinya.

JAZZ DE IJEN

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Kec.Sempol, Kab.Bondowoso

Pagelaran Musik Jazz berkelas Internasional dengan menampilkan artis Jazz papan atas Indonesia yang berkolaborasi dengan musisi-musisi Jazz Bondowoso. Dilaksanakan dalam upaya untuk mendukung promosi & pengenalan Daya Tarik Wisata Bondowoso agar lebih dikenal secara luas & massive. Kegiatan ini digelar di Kawasan sekitar Taman Wisata Alam Kawah Ijen Bondowoso. (Rangkaian Festival Muharram).

More Info

KOTA PROBOLINGGO

LARUNG SESAJI BUMI

Waktu : 1 Suro pada Penanggalan Jawa
Lokasi : Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan

Sesaji Bumi merupakan event tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan YME, atas limpahan hasil pertanian dan laut. Disamping berbagai acara ritual juga ditampilkan sajian tarian dan pagelaran wayang kulit.

SPKP (SEMARAK PAGI KOTA PROBOLINGGO)

Waktu : Sekali setiap bulan
Lokasi : Kota Probolinggo

Semarak Pagi Kota Probolinggo merupakan kegiatan bazar jalanan yang digelar oleh Pemerintah Kota Probolinggo pada setiap bulannya. Berbagai jenis produk unggulan turut dipamerkan dalam kegiatan yang digelar dari jam 05.30-11.00 WIB. Kegiatan ini berorientasi menggali potensi ekonomi kemasyarakatan digelar melalui peran aktif SKPD dan pihak swasta dalam pemberdayaan masyarakat.

More Info

KAB. KEDIRI

PERINGATAN 1 SURO DI PAMUKSAN SRI AJI JAYABAYA

Waktu : 1 Suro
Tempat: Kawasan Sri Aji Joyoboyo Desa Menang, Kec. Pagu, Kab. Kediri

Kerajaan Kadiri merupakan cikal bakal dan pondasi peradaban di Jawa. Raja Jayabaya, Raja Kadiri yang terkenal atas ramalannya menjadi sosok penting untuk dikenang. Masyarakat Kediri bersama Yayasan Hondodento dari Yogyakarta memperingati dengan suatu prosesi ritual adat jawa yang turut dikunjungi ribuan pengunjung dari dalam maupun luar Kediri.

EKSPONAK 2016 (EXPO AGRIBISNIS PETERNAKAN DAN KONTES TERNAK)

Waktu : 15 – 16 Oktober 2016
Tempat: Desa Banjaranyar, Kec. Kras Kabupaten Kediri

Merupakan kegiatan bertujuan menyebarkan informasi perkembangan teknologi peternakan dan kesehatan hewan. Diberikan pula penghargaan kepada peternak dalan menunjang pembangunan peternakan. Kegiatan dikemas dalam bentuk pameran dan kontes ternak

FESTIVAL KELUD 2016

Waktu : 10 Suro
Tempat: Kawasan Wisata Gunung Kelud

Festival Kelud merupakan bentuk wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesuburan yang diberikan pada lahan pertanian di sekitar lereng Gunung Kelud. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk tasyakuran masyarakat Lereng Gunung Kelud dan Larung Sesaji oleh Umat Hindu. Beragam pertunjukan seni tradisional dan modern juga disajikan untuk meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan.

More Info

TRENGGALEK

UPACARA ADAT GEBYAR SURO "NGETUNGBATIH"

Waktu : 1 Muharam (2 Oktober 2016)
Lokasi : Di lapangan Dukuh Blimbing Kecamatan Dongko

Gebyar Suro Upacara Ngetung Batih merupakan agenda kegiatan tiap tahun yang dilaksanakan oleh masyarakat di Kecamatan Dongko dalam rangka memperingati datangnya Tahun Baru Saka Jawa (tanggal 1 (satu) Suro) yang bersamaan dengan Tahun Baru Hijriayah. Ngetung berarti menghitung, sedangkan Batih berarti anggota dalam keluarga atau warga masyarakat. Tradisi ini dilaksanakan turun menurun untuk mendoakan semua anggota keluarga agar selalu diberikan kekuatan, kesehatan dan keselamatan, serta banyak rezeki dari Allah SWT. Ritualnya disimbulkan Takir Plonthang dan Jenang Waras. Selain ritual upacara adatnya, diselenggarakan juga Pentas jaranan dan berbagai kesenian yang lain selama 3 hari berturut turut.

More Info

PACITAN

SUROAN/ SEDEKAH LAUT

Waktu : Diselenggrakan setiap 1 Muharram 2016
Tempat: Bertempat di pesisir Pantai Telengria dan Pendopo Kab. Pacitan

SUROAN diselenggarakan setiap Tanggal 1 Muharram, acara ini merupakan budaya tradisi masyarakat Pacitan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Pacitan atas berkah dan karunia Allah.SWT

More Info

KAB. MOJOKERTO

RUWAT AGUNG NUSWANTARA MAJAPAHIT

Waktu : 5-8 Oktober 2016
Tempat : Pendopo Agung Trowulan

Kebesaran Kerajaan Majapahit yang terkenal dengan Sumpah Amukti Palapa mampu mempersatukan Nusantara yang saat ini menjadi NKRI. Ruwat Agung Nusantara Majapahit merupakan kegiatan tradisi pengabdian dan pelestarian warisan Adiluhung Kerajaan Majapahit. Pelestarian tradisi budaya Majapahit bertujuan agar generasi penerus tetap memegang teguh pada tatanan kearifan lokal, kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menegakkan 4 (empat) pilar yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Adapun kegiatan Ruwat Agung Nusantara meliputi : Festival dan Gebyar Macapat, Unduh-unduh Patirtaan, Ruwatan Sukerto, Mangesti Suro dan Kirab Agung Nuswantoro Majapahit sebagai perwujudan Uri-uri Budaya Majapahit.

HAUL SYECH JUMADIL KUBRO

Waktu : Tanggal 15 - 16 Oktober 2016
Tempat : Komplek Makam Troloyo, Sentonorejo - Trowulan

Syech Jumadil Kubro merupakan tokoh yang sangat dihormati dan dijunjung tinggi dimasa akhir kejayaan Majapahit. Syech Jumadil Kubro dalam syiar agama Islam banyak menjadi rujukan para ilmuwan dan ulama kalangan muslim disaat Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran. Sebagai upaya pelestarian dan pengabdian pada perjalanan Syech Jumadil Kubro, maka tiap bulan purnama di bulan suro diadakan kegiatan Haul Syech Jumadil Kubro. Bentuk kegiatan haul Syeh meliputi: Kirab Kubro, Lailatul Hadrah, Semaan dan Qotmil Qur’an, dan sebagai puncaknya adalah kegiatan Pengajian Umum

More Info

KOTA MALANG

RUWATAN KOTA MALANG

Waktu : Minggu ke 1. Oktober 2016
Tempat : Taman Alun alun Balai Kota Malang

Rangkaian upacara Ruwatan Daerah dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru Islam.

GEBYAR SENI BUDAYA DI UPT TAREKO

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Taman Rekreasi Kota Malang (Tareko)

Penampilan pertunjukan seni secara rutin setiap minggu pertama setiap bulan di Taman Rekreasi Kota Malang

More Info

BANYUWANGI

KEBOAN ALIYAN

Waktu : 9 Oktober 2016 (Keboan Aliyan), Pk.08.00 WIB
Lokasi : Desa Aliyan, Kec. Rogojampi

Awalnya, upacara ini diadakan untuk memohon turunnya hujan saat kemarau panjang, dengan turunnya hujan berarti bercocok tanam segera bisa dilaksanakan. Upacara kebo-keboan, atraksi menarik yang bisa kita saksikan adalah saat persiapan, malam hari sebelum acara keesokan harinya, masyarakat bergotong – royong memasang hiasan disepanjang jalan utama desa, yang terdiri dari hasil panen berupa Palagumantung (buah - buahan), Pala kempendem (umbi-umbian) dan Pala Kesimpir (Polong Kacang-kacangan) semua ini melambangkan kesuburan dan kesejahteraan

PETIK LAUT MUNCAR

Waktu : 17 Oktober 2016, Pk.11.00 WIB
Lokasi : TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Muncar, Desa Kedungrejo, Kec. Muncar

Petik Laut Muncar merupakan ritual adat masyarakat nelayan Muncar, dilaksanakan setiap bulan Sura. Upacara yang bernilai sakral ini puncaknya adalah melarung perahu kecil yang berisi sesaji yang terdiri dari kepala kambing, berbagai macam kue, buah-buahan, pancing emas, candu, dan dua ekor ayam jantan yang masih hidup. Pada malam harinya, dipersiapkan perahu sesaji dan dilakukan tirakatan, sedangkan di beberapa surau atau rumah diadakan pengajian. Sebelum perahu sesaji dilarung, diarak di perkampungan, dan kegiatan ini disebut dengan idher bumi. Selanjutnya perahu tersebut dilarung diiringi oleh ratusan perahu nelayan yang dihiasi dengan umbul-umbul.

BANYUWANGI ETHNO CARNIVAL

Waktu : Bulan Oktober 2016, Pk.12.30 WIB
Lokasi : Kota Banyuwangi

Merupakan event karnaval yang sangat unik dan menarik karena mengangkat tema etnik lokal dan menggunakan kostum tradisional kontemporer. Ratusan peserta mengenakan kostum sesuai tema defile masing-masing. Kreasi yang kreatif dari setiap kostum memberikan nuansa daya tarik yang luar biasa karena menonjolkan warna-warna menarik dan desain yang indah. Karnaval di sepanjang jalan protokol Kota Banyuwangi dengan start dari Taman Blambangan dan finish di depan kantor Pemkab Banyuwangi Jl. Ahmad Yani ini mampu menyedot antusias ribuan penonton.

KEBO-KEBOAN ALAS MALANG

Waktu : 16 Oktober 2016 (Kebo-keboan Alas Malang), Pk.10.00 WIB
Lokasi : Desa Alas Malang, Kec. Singojuruh

Prosesi upacara Kebo keboan diawali dengan selamatan di tengah jalan pada pagi hari, sesaji, kue dan nasi tumpeng diberi doa yang dipimpin oleh Kyai, kemudian dibagikan kepada para pengunjung dan kepada masyarakat sekitar. Kue dan makanan disiapkan oleh masing-masing keluarga dan disajikan untuk para tamu dan sanak family yang berkunjung. Selanjutnya Ider Bumi yang diikuti oleh beberapa laki – laki bertubuh kekar dengan dandanan dan bertingkah aneh seperti kerbau yang dihalau oleh para petani lengkap dengan bajaknya. Seorang putri cantik melambangkan Dewi Sri ditandu oleh beberapa pengawal dengan pakaian khas untuk meramaikan suasana, music dan tari tradisional mengiringi arak – arakan ini. Sebagai puncak acara adalah prosesi membajak sawah dan menanam bibit padi. Para kerbau manusia seperti kesurupan mengejar siapapun yang mencoba mengambil bibit padi yang ditanam. Pada sore dan malam hari, kesenian tradisional disajikan termasuk pementasan wayang kulit semalam suntuk.

More Info

SAMPANG

FESTIVAL SAPI SONOK

Waktu : 9 Oktober 2016
Lokasi : Stadion Kerapan Sapi Trunojoyo, Kabupaten Sampang (Desa Keseneh)

Sapi sonok merupakan tradisi yang dilaksanakan sebelum Kerapan Sapi dimulai. Sepasang sapi betina dihiasi dengan gantungan genta di leher serta hiasan yang berwarna warni.

KERAPAN SAPI TINGKAT KABUPATEN

Waktu : 16 Oktober 2016
Tempat : Stadion Kerapan Sapi Trunojoyo, Kabupaten Sampang (Desa Keseneh)

Kerapan Sapi Madura telah menjadi kebudayaan orang Madura sejak jaman dahulu. Kebiasaan memacu binatang peliharaan sambil mengisi waktu saat membajak sawah memang sudah menjadi kegemaran penduduk Madura. Di Madura tidak hanya sapi yang diadu cepat, tetapi juga kerbau seperti yang terdapat di Pulau Kangean. Adu cepat kerbau itu disebut “mamajir”. Sapi atau kerbau yang adu cepat itu, dikendarai oleh seorang joki yang disebut tukang tongko. Tukang tongko tersebut berdiri di atas “kaleles” yang ditarik oleh sapi atau kerbau pacuan.

PERINGATAN 1 MUHARRAM

Waktu : 21 Oktober 2016
Lokasi : Kota Sampang,

Dalam Rangka memperingati tahun baru Islam masyarakat Sampang mengadakan pawai Islami yang diisi dengan pawai obor dan diiringi kumandang sholawat yang disertai kegiatan keagamaan yang bersumber dari adat istiadat masyarakat Sampang seperti penampilan Musik Hadrah, musik Gambus serta lomba-lomba bernafaskan Islami.

More Info

KAB. MADIUN

KURASAN SUMBER

Waktu : awal bulan Syuro
Tempat : Madiun Umbul Square Kec. Dolopo Kab. Madiun

Merupakan kegiatan tahunan masyarakat sekitar obyek wisata, dengan menguras sumber belerang di tempat tersebut agar lebih jernih. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan sebagai rasa Syukur atas berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Rangkaian acara kegiatan tersebut adalah pertunjukan kebudayaan setempat dan pertunjukan seni lainnya.

LARUNG SESAJI TUMPENG BOGOMULYO

Waktu : Pertengahan bulan Syuro
Tempat : Bendungan Bening Kec. Saradan Kab. Madiun

Merupakan kegiatan tahunan yang di laksanakan setiap bulan Syuro sebagai wujud syukur Petani Ikan di wilayah tersebut dan sebagai tolak balak. Acara tersebut terdiri dari arak-arakan Tumpeng Bogo Mulyo dari Menara Pantau Bendungan Bening menuju dermaga pelarungan. Selaian acara tersebut terdapat pula Gelar Pentas Seni yang mempertontonkan kesenian khas Kab. Madiun yaitu dongkrek dan lain sebagainya.

FESTIVAL GELANG GELANG

Waktu : setiap bulan Suro (Oktober 2016)
Tempat : Situs Ngurawan Desa Dolopo Kec. Dolopo Kabupaten Madiun

Diadakan pertamakali pada tahun 2014 dan pada penyelenggaraan tahun 2016 akan diadakan selama 3 hari penuh. Sejarah tentang kerajaan Gelang - Gelang.

More Info

TUBAN

HAUL SUNAN BONANG

Waktu : 13 oktober 2016
Tempat : Makam Sunan Bonang, Masjid Agung Tuban, dan Alun-alun Tuban

Merupakan kegiatan keagamaan dalam rangka memperingati wafatnya aulia Sunan Bonang, dengan menggelar berbagai kegiatan Islami antara lain: Pergelaran hadrah, Khitanan massal, Khotamul qur’an bil ghoib wa bin nadhor, Pengajian akbar

More Info

PONOROGO

PENTAS REYOG DI TELAGA NGEBEL

Waktu : Sabtu, 15 Oktober 2016 Jam 19.00 s/d selesai
Lokasi : Dermaga Telaga Ngebel


PENTAS REYOG BULAN PURNAMA

Waktu : Minggu16 Oktober 2016
Lokasi : Panggung Utama Alun Alun Ponorogo

Pentas Reyog bulan purnama dilaksanakan secara rutin tiap malam bulan purnama pada tanggal 14 malam 15 bulan Jawa. Penampilan reyog bulan purnama diawali dengan penampilan tari-tarian dari sanggar yang telah dijadwalkan dan dari sekolah-sekolahan yang berpartisipasi ikut mengisi kegiatan tersebut. Dan pada puncak acara ditutup dengan penampilan Reyog dan dimulai pada pukul 20.00 s/d 23.00 WIB.

PENTAS TEATER

Waktu : Sabtu, 22 Oktober 2016, Jam 19.00 Wib. s/d selesai
Lokasi : Gedung Kesenian, Jl. Pramuka 19 A Ponorogo


PAGELARAN WAYANG KULIT AKHIR BULAN

Waktu : 29 Oktober 2016
Merupakan pagelaran wayang kulit setiap akhir bulan


More Info

NGAWI

UPACARA GANTI LANGSE (UPACARA PROSESI GANTI KELAMBU)

Waktu : Malam tanggal 15 syuro
Tempat : Pesanggrahan Srigati

Suatu upacara adat yang dilakukan masyarakat sekitar pesanggrahan Srigati yang diawali dengan penggantian Langse Pesanggrahan (Kelambu Pesanggrahan) yang lama dengan yang baru dilanjutkan dengan pagelaran Wayang Kulit Semalam suntuk.

More Info

BOJONEGORO

PROSESI UPACARA PENGAMBILAN DAN PENYEMAYAMAN API ABADI DALAM RANGKA HARI JADI BOJONEGORO

Waktu : Tgl 19 Oktober
Lokasi : Daya Tarik Wisata Sumber Api Abadi Desa Sendangharjo Kec. Ngasem

Merupakan Upacara Adat yang diikuti oleh Pejabat Pemerintah dan masyarakat umum sebagai filosofi perwujudan pembangunan karakter bagi Pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Bojonegoro untuk tetap memiliki semangat yang berkobar bagai “Api tak kunjung Padam"

GREBEG BERKAH JONEGARAN

Waktu : 19 oktober 2015
Tempat : Alun-alun Bojonegoro

Pada Grebeg Berkah Jonegaran akan disediakan nasi kabuli oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dan 430 ( empat ratus tiga puluh ) ngaron nasi kabuli dari 430 Desa/Kelurahan se Kabupaten Bojonegoro yang dikumpulkan di sepanjang Jl. Mas Tumapel depan Pendapa Malawapati Pemkab Bojonegoro dan Alun-alun Bojonegoro

More Info

KAB. MALANG

UPACARA KARO DESA NGADAS

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Desa Ngadas


SUROAN GUNUNG KAWI

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Gunung Kawi, Kab. Malang


More Info

BANGKALAN

KERAPAN SAPI TINGKAT KABUPATEN

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Stadion RP. Mohammad Noer Skep Bangkalan

Kerapan Sapi tingkat Kabupaten merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangkalan. Pemenang pada event ini akan mewakili Kabupaten Bangkalan di tingkat Piala Presiden RI.

PEKAN RAYA BANGKALAN DAN HARI JADI BANGKALAN

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Alun-alun kota Bangkalan

Pekan Raya Bangkalan merupakan event pameran pembangunan yang merupakan rangkaian perayaan hari jadi Bangkalan. Pada event ini juga ada kirab budaya / Bangkalan Carnival dengan tema kearifan lokal masing-masing kecamatan di Kabupaten Bangkalan.

More Info

GRESIK

GRAND FINAL PEMILIHAN DUTA WISATA CAK DAN YUK GRESIK

Waktu : Oktober 2016
Tempat : GOR Tri Dharma PT Petrokimia Gresik (jl.Ahmad Yani,Gresik)

Malam Grand Final Pemilihan Duta Wisata Cak dan Yuk Gresik adalah merupakan acara puncak dari seluruh agenda Pemilihan Duta Wisata Cak dan Yuk Gresik. Pada malam tersebut di selenggarakan agenda inti dimana wakil-wakil pemuda dan pemudi Gresik dari berbagai wilayah kecamatan akan dipilih menjadi Duta Wisata Cak dan Yuk Gresik

More Info

KAB. BLITAR

UPACARA ADAT LARUNG SESAJI PANTAI SERANG DAN PANTAI TAMBAKREJO

Lokasi : Desa Serang Kec. Panggungrejo dan Desa Tambakrejo Kec. Wonotirto, Kab. Blitar
Waktu : Oktober 2016

Adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh penduduk / nelayan setempat bersama Pemerintah Kabupaten Blitar pada bulan Oktober 2016 sebagai ungkapan syukur dan permohonan doa demi keselamatan warga dan para nelayan, dengan cara melarung sesaji berisi makanan, hasil bumi dan kepala kerbau. Menjelang puncak acara ini biasanya kawasan pantai sudah dipadati para pedagang dan masyarakat Blitar dan sekitarnya yang igin menikmati suasana pantai bahkan ada yang menginap dengan mendirikan tenda. Gresik

PERGELARAN FESTIVAL PENATARAN

Lokasi : Kawasan wisata Penataran dan lokasi lain
Waktu : Oktober 2016

Merupakan event tahunan yang dilaksanakan pada bulan Oktober di kawasan wisata Penataran dengan rangkaian even pameran produk unggulan dan kuliner khas Kabupaten Blitar, pergelaran budaya serta pentas seni budaya.

More Info

KAB. PASURUAN

FASHION ON THE RIVER

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Sungai Camplong Kejayan, Kecamatan Kejayan, Kan. Pasuruan

Fashion on The River diselenggarakan di aliran Sungai Camplong Kecamatan Kejayan yang diikuti peserta siswa siswi SMU dengan mengenakan busana tradisional hingga kontemporer menyusuri Sungai Camplong dengan menggunakan Rakit.

More Info

JEMBER

FESTIVAL PEGON

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Desa Sumberrejo - pantai Watu Ulo

Di setiap tahun Baru Hijriyah, masyarakat desa Sumberejo Kec. Ambulu mengadakan kegiatan Festival Pegon, Pegon adalah kendaraan tradisional dengan tenaga sapi yang digunakan sebagai alat transportasi pengangkut barang. Para peserta menghias pegon-nya hingga Nampak unik dan semarak sebagai wujud rasa syukur atas semua rizki yang telah diterima di sepanjang tahun dan harapan untuk tetap diberikan kemudahan dan limpahan rahmat dari Yang Maha Kuasa.

LARUNG SESAJI

Waktu : Oktober 2016
Tempat :Pantai Tanjung Papuma

Larung Sesaji merupakan adalah perwujudan rasa syukur masyarakat nelayan di selatan Jember, atas melimpahnya panen ikan tahun ini dan harapan panen ikan terjadi sepanjang tahun. Sesaji berupa kepala kambing diletakkan di atas miniatur kapal dan diarak bersama-sama menuju  samudera. Para pengaraknya memakai pakaian adat Jawa, dengan iringan kesenian reyog. Larung sesaji juga lukisan harmoni masyarakat Jember Selatan seperti : Seniman, jagawana, polisi, tokoh adat, tokoh agama, dan penjaga vihara. Bagi sebagian kalangan, larung sesaji adalah perpaduan atau sinkretisme sejumlah elemen agama: Islam, kejawen, Konghucu dan sebuah perwujudan kebersamaan dalam perbedaan.

More Info

JOMBANG

RUWATAN MASSAL, PURWABAKTI

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Sendang Made - Kudu

Upacara adat yang dilaksanakan di Sendang Made Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang.

HAUL GUS DUR

Waktu : Oktober 2016
Tempat : PP. TEBUIRENG, Ds. Cukir, Kec. Diwek

Merupakan kegiatan untuk mengenang 5 Tahun meninggalnya Gus Dur dan jasa-jasa Sang Guru Bangsa yang juga merupakan Presiden Ke- 4 Indonesia.

FESTIVAL LUDRUK SE JAWA TIMUR

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Alun- alun Kabupaten Jombang

Festival Ludruk se Jawa Timur diadakan di Jombang karena ludruk merupakan kesenian asli Jombang. Festival Ludruk di ikuti oleh peserta dari seluruh Kabupaten / Kota di Jawa Timur.

More Info

TULUNGAGUNG

UPACARA JAMASAN KYAI UPAS (SIRAMAN TOMBAK PUSAKA KYAI UPAS)

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Pendopo Dalem KanjenganKelurahan Kepatihan Kecamatan Kedung Waru

Kanjeng Kyai Upas adalah Pusaka Mulia yang dimiliki Kabupaten Tulungagung berupa sebilah Tombak dengan panjang bilah 35 cm dan panjang tangkai (landheyan) 5 meter, pada pangkal bilahnya ada tulisan berwarna emas dari bahan emas dengan huruf Arab berbunyi “ALLAH”. Menurut legenda bilah Kanjeng Kyai Upas berasal dari lidah dan landheyannya dari badan seekor ular naga yang bernama Baru Klinthing. Pusaka Tombak Kanjeng Kyai Upas ini berasal dari Mataram yang dibawa oleh Raden Mas Tumenggung Pringgodiningrat ketika beliau menjadi Bupati Ngrowo yang sekarang di kenal dengan Tulungagung. Prosesi Jamasan Kanjeng Kyai Upas dilaksanakan dengan tidak merubah alurnya sejak awal sampai puncak acara antara lain Sesaji berupa air dari 7 sumber mata air, tumpeng sejumlah 46 macam, kegiatan dilakukan secara bergotong royong, pembacaan surat Yasin dan Tahlil serta penutupan acara dengan mengadakan pagelaran berbagai macam seni tari tradisional seperti jaranan, reyog kendang, wayang kulit, dan lain-lain.

UPACARA GREBEK WILIS (GREBEK SURO CANDI PENAMPIHAN)

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Candi Penampehan, Dsn. Turi, Ds. Geger, Kec. Sendang.

Upacara adat Grebek Wilis (Grebek Suro) dilaksanakan secara rutin setiap tahun bertepatan pada bulan Suro (bulan jawa) oleh masyarakat Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Pelaksanaan upacara adat tersebut dilaksanakan di situs Candi Penampihan sebagai bentuk rasa syukur para Petani di Desa Geger terhadap Tuhan Yang Maha Esa, karena setiap tahun diberi hasil panen dari perkebunan, sawah dan ladang yang berlimpah dan terhindar dari mara bahaya. Prosesi upacara adat yang kental adat Jawa dan budaya dari tiga agama, yakni Kristen, Islam, dan Hindu ini diawali dengan arak-arakan sesaji yang di kawal dengan tarian seni budaya Barongan yang merupakan gambaran tokoh Bima beserta keluarganya dan pasukan pengawalnya menuju ke pelataran Situs Candi Penampihan untuk mengadakan Upacara ritual dan di tutup dengan melarung hasil bumi di kali yang berada di sekitar Situs Candi Penampihan.

UPACARA LABUH LAUT PANTAI POPOH (LARUNG SEMBONYO PANTAI POPOH)

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Pantai Popoh Kecamatan Besuki

Pantai Popoh yang terletak di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur kurang lebih 30 km ke arah selatan dari pusat kota Tulungagung. Upacara ritual Labuh Laut (Larung Sembonyo) yang digelar rutin pada setiap tahun atau tepatnya dilakukan pada tanggal 1 Suro dilaksanakan oleh nelayan Pantai Popoh sebagai bentuk wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena telah melimpahkan rezeki kepada para nelayan di Panatai Popoh dan sekitarnya berupa tangkapan ikan laut yang banyak. Prosesi labuh Laut diawali dengan selamatan yang dilaksanakan di Pendopo Agung Pantai Popoh. Dalam selamatan ini disiapkan aneka tumpeng, diantaranya, buceng kuat, mule metri, dan maheso agung yang nantinya akan dilarung bersama dengan sesajian ke tengah laut. Bersamaan dengan itu, nelayan juga melepaskan beberapa ekor angsa ke tengah laut.. Sesajian yang dilarung ditujukan kepada Ratu Emas yang menguasai laut selatan, saat digelar upacara tradisional ini, semua nelayan di tiga pantai itu berhenti melaut.

More Info

KAB. PROBOLINGGO

EKSOTIKA BENTAR

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Pantai Bentar

Sebuah event yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menarik menarik wisatawan berkunjung ke Pantai Bentar. Event ini menampilkan hiburan musik, lomba batik dan lainnya.

PERGELARAN SENDRA TARI JABUNG TEMPLE

Waktu : Oktober 2016
Merupakan pagelaran tari yang mengambil tema dari relif-relif pada Candi Jabung.


More Info

LUMAJANG

PETIK LAUT

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Pantai TPI , Ds Bulurejo Kec. Tempursari

Merupakan upacara masyarakat nelayan desa Bulurejo yang dilaksanakan dalam rangka ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena desa tersebut diberikan keselamatan dan rezeki yang melimpah.

More Info

KAB. MAGETAN

LEDHUG SURO

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Alun – alun Magetan, Puncak Lawu Telaga Sarangan

Merupakan peringatan 1 Muharram dan tahun baru Saka yang dilaksanakan tiap bulan Suro. Pelaksanaan peringatan dipusatkan di Alun–alun Kota Magetan dengan menggelar berbagai kegiatan seperti menggelar Wayangan, Festival Lesung Bedhug Muharram dan Prosesi Andum Berkah Bolu Rahayu yang diikuti oleh seluruh masyarakat Magetan.

More Info

PAMEKASAN

KERAPAN SAPI “GUBENG”

Waktu : 30 Oktober 2016
Lokasi : Stadion R. Sunarto, Pamekasan

Kerapan sapi merupakan adu cepat sepasang sapi jantan yang menjadi tradisi masyarakat Madura, disamping sebagai tontonan juga sebagai upaya untuk melestarikan dan memelihara kualitas Sapi Madura. Kerapan Sapi “Gubeng” (Kerapan Sapi Karesidenan) adalah kerapan besar yang diikuti oleh juara kerapan sapi dari empat Kabupaten di Madura, memperebutkan Piala Presiden RI. Diadakan di Pamekasan pada hari Minggu dan merupakan acara puncak untuk mengakhiri musim kerapan.

SAPI SONO’ TINGKAT KABUPATEN DAN KARISIDENAN

Waktu : Oktober 2016
Lokasi / Tempat : Stadion R. Sunarto

Sapi Sono’ merupakan adu ‘cantik’ sepasang sapi betina, dengan criteria penilaian dari bentuk fisik maupun keterpaduan gerakannya ketika berjalan dengan iringan music tradisional Madura (sronen). Sapi Sono’ adalah dua sapi betina yang dipercantik sedemikian rupa oleh pemiliknya untuk mengikuti kontes ini. Ada yang mengatakan bahwa kontes ini adalah kontes “pengantin sapi”. Tradisi ini dilangsungkan setiap tahun sekali atau setiap selesai panen tembakau. Sapi dihias dengan perhiasan yang namanya pangonong, yaitu perhiasan yang dikalungkan di leher. Pangonong terbuat dari kayu berukir yang menjadi pengait antara sapi yang satu dengan yang lainnya. Hiasan lainnya adalah kalung berumbai-rumbai aneka warna khas madura yang didominasi warna kuning, merah dan juga hijau. Konon, bahkan ada pemilik yang menghiasi sapi sonok-nya dengan gelang-gelang dan kalung-kalung emas asli yang beratnya puluhan gram, Sapi-sapi tersebut tampak sangat bersih dan terawat. Sapi-sapi tersebut dimandikan dua hari sekali, diberi makan telur, dan ramuan-ramuan lain agar tubuhnya bagus dan sehat. Mereka dilatih untuk berdiri tegak dan berjalan dengan anggun layaknya model yang sedang berjalan di catwalk, mengikuti alunan musik yang dimainkan oleh grup musik tradisional yang dinamakan Saronen. Kontes sapi sono’ ini memang dipersiapkan menjelang acara kerapan sapi piala presiden atau dengan istilah “ GUBENG “

SEMALAM DI MADURA

Waktu : Oktober 2016
Lokasi / Tempat : Stadion Arek Lancor

Merupakan rangkaian pertunjukan seni dan budaya masyarakat Madura di 4 Kabupaten (Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep) antara lain : music, tari, peragaan batik Madura dan fragmen tari / drama musical, yang diselenggarakan pada malam hari sebelum pelaksanaan Grand Final Kerapan sapi. Semalam di Madura dimaksudkan sebagai sambutan selamat datang bagi para wisatawan yang berkunjung ke Madura untuk menyaksikan Kerapan Sapi “Gubeng”.

HARI JADI KABUPATEN PAMEKASAN

Waktu : Oktober 2016
Lokasi / Tempat :

Merupakan perayaan tradisi masyarakat Madura dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Pamekasan

More Info

SIDOARJO

PEMILIHAN DUTA WISATA GUK & YUK SIDOARJO

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo

Merupakan even tahunan yang digelar untuk memilih Duta Wisata Guk & Yuk Sidoarjo yang diharapkan dapat menjadi duta promosi pariwisata Sidoarjo dan disiapkan untuk menjadi peserta pada pemilihan Raka Raki Jawa Timur. Peserta diseleksi dari generasi muda dengan persyaratan antara lain memiliki kecakapan Fisik, kecakapan berbahasa asing, dan memiliki talenta / bakat di bidang seni serta pengetahuan luas tentang pariwisata.

More Info

KOTA BLITAR

RUWATAN MASSAL

Waktu : Oktober 2016
Tempat : Pelataran PIPP Kota Blitar

Ruwatan merupakan budaya tradisional Jawa yang berakar di sebagian masyarakat Jawa. Ada tiga hal yang menyebabkan seseorang harus diruwat, yaitu: kodrat yang dibawa sejak lahir, melanggar pantangan, dan adanya gangguan (sengkala). Dengan ruwatan diharapkan dapat terhindar dari malapetaka, bersih jiwa dan raga serta memperoleh kesejahteraan lahir batin. Menurut kepercayaan orang Jawa, nasib seseorang  penyandang sukerta, masih bisa diperbaiki dengan ikhtiar melalui ruwatan.

More Info

EAST JAVA

MUSEUM EXPO JATIM 2016

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Surabaya

Museum Expo adalah kegiatan pameran benda-benda masterpiece koleksi museum se Jawa Timur, yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Adapun tujuan dari kegiatan in adalah mengenalkan potensi benda cagar budaya koleksi museum yang ada di Jawa Timur dan menumbuhkan apresiasi masyarakat akan arti penting benda koleksi museum sebagai media belajar sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

JATIM TRAVEL MART

Waktu : Oktober 2016
Lokasi : Kab / Kota di Jawa Timur

JTM adalah Event tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Jawa Timur dengan agenda utama Travel Exchange, yang diikuti oleh industri pariwisata di Jawa Timur sebagai Seller dan Buyer dari Luar Jawa Timur serta Fam Trip. Lokasi penyelenggaraan JTM tidak menetap di Kabupaten /Kota Jawa Timur, bertujuan untuk memperkenalkan potensi Kabupaten /Kota di Jawa Timur sebagai tempat wisata MICE.

More Info
Hotel Deals of the Day
Powered by :
Interesting Links