September Tourism Calendar

Pagelaran Kesenian tradisional dan kreasi baru di Gedung Kesenian

12 September 2015

Pagelaran seni dan budaya tradisional dan kreasi baru oleh grup kesenian/ sanggar, sekolah, perguruan tinggi secara rutin, guna memotivasi para seniman untuk terus berkreasi.
Location: Malang

Pemilihan Duta Wisata kakangmbakyu Kota Malang 2015

19 September 2015

Merupakan ajang mencari Duta Wisata yang dapat dijadikan frontier promosi pariwisata daerah di tingkat lokal masa bakti 2015-2016.
Location: Malang

MANTEN KUCING

September 2015

Upacara Adat manten Kucing masih dilaksanakan setiap tahun di Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Upacara ini dimaksudkan untuk memohon kepada Tuhan YME supaya diberikan hujan. Mbah sangkrah adalah orang yang pertama kalinya melaksanakan ritual ini, konon apabila pasangan manten Tirto Sari dan Joko Wana (pasangan kucing) ini dimandikan dalam waktu singkat, maka akan turun hujan. Upacara ini sangat menarik karena dilaksanakan di lokasi wisata Coban Kromo diselingi berbagai atraksi kesenian daerah serta hiburan.
Location: Coban Kromo, Ds. Pelem Kec. Campurdarat

Sapi Sonok

20 September 2015

Selain kerapan sapi masyarakat sumenep mempunyai budaya yang bernama sapi sonok atau kontes kecantikan sapi betina, disini sapi betina didandani layaknya peragawati dengan dibantu pawang dan music saronen sapi berlenggak-lenggok layaknya model. Disamping dandanan dan penampilan sapi juga di lombakan tentang kesehatan sapi itu sendiri
Location: GOR A. Yani

Kerapan Sapi

27 September 2015

Kerapan Sapi adalah atraksi wisata berupa balapan sapi jantan yang unik dan sangat menarik untuk ditonton. Kegiatan ini sangat digemari oleh masyarakat Sumenep dan Madura pada umumnya. Dikenal luas baik di Nusantara maupun Mancanegara.
Location: Lapangan Kerapan Sapi Giling

PENTAS REYOG MALAM BULAN PURNAMA

28 September 2015

Pentas Reog bulan purnama dilaksanakan secara rutin tiap malam bulan purnama pada tanggal 14 malam 15 bulan jawa. Penampilan reog bulan purnama diawali dengan penampilan tari-tarian dari sanggar yang telah dijadwalkan dan dari sekolah-sekolahan yang berpartisipasi ikut mengisi kegiatan tersebut. Dan pada puncak acara ditutup dengan penampilan Reog dan dimulai pada pukul 20.00 s/d 23.00 WIB.
Location: Panggung Utama Alun-alun Kab. Ponorogo

Wisuda Waranggana

Bulan Besar Penanggalan Jawa (September 2015)

Merupakan Prosesi Wisuda Waranggana bagi waranggana yang sudah lulus ulah bekso dan ulah suara. Bertujuan untuk mengangkat derajat waranggana tayub dan seni tayub di Kab. Nganjuk.
Location: Punden Mbah Ageng dan Mbah Budha Dusun Ngrajek Desa Sambirejo Kec. Tanjunganom

Festival Layang-layang

September 2015

Festival yang menampilkan kreativitas para peserta layang-layang hias dengan berbagai bentuk dan dipadu dengan warna-warna yang mencolok sehingga menciptakan suatu pemandangan yang atraktif.
Location: Edupark Pakuwon City Open Area ( Universitas Widya Mandala ).

Pawai Budaya Bojonegoro

September /Oktober 2015

Pawai Budaya Bojonegoro merupakan upaya pengembangan dan pemanfaatan potensi Seni budaya dan sejarah local serta tradisi yang memiliki keanekaragaman bentuk, jenis dan visualisasi yang merupakan warisan penting untuk penguatan martabat, jati diri dan sumber inspirasi bagi kehidupan berbudaya
Location: Pendapa Malawapati, Jl. Mas Tumapel

Eksponak 2015

19 – 20 September 2015

Kontes ternak tahun 2015 Kabupaten Kediri adalah suatu kegiatan yang didesain khusus untuk membangkitkan kepedulian Pemerintah Kabupaten Kediri untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui kesadaran mengkonsumsi protein hewani. Selain itu juga untuk membangkitkan gairah berusaha dibidang peternakan guna mencapai target Swasembada daging. Kontes ternak 2015 ini dikemas dalam bentuk bazar, kontes ternak sapi dan kambing, temu inseminator (petugas IB) melibatkan seluruh masyarakat peternakan di Kabupaten Kediri selama 2 hari berturut-turut.
Location: Lapangan Desa Papar

Upacara Adat Bersih Dam Bagong

Jum’at Kliwon bulan Selo (Penanggalan Jawa)

Setiap Jum’at Kliwon bulan Selo masyarakat di dua Kecamatan dan sebelas desa melaksanakan Upacara Bersih Dam Bagong, sebagai ungkapan syukur kepadaTuhan Yang Maha Esa dan memperingati Jasa Pembuat Dam Bagong yaitu Menak Sopal. Pada peringatan Bersih Dam Bagong dikorbankan seekor kerbau untuk menggantikan Gajah Putih, setelah disembelih, kepala dan daging dilemparkan ke Dam Bagong dan diperebutkan oleh masyarakat sekitar, dilanjutkan dengan acara ruwatan wayang kulit dengan cerita Udan Mintoyo serta Ziarah ke Makam Menak Sopal
Location: Makam Menak Sopal dan Dam Bagong di Kelurahan Surodakan Kec. Trenggalek

Festival Layang Layang

September 2015

Festival layang layang di laut pasir Gunung Bromo diselenggarakan oleh Pemkab. Probolinggo bekerja sama dengan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai upaya untuk mempromosikan serta meningkatkan atraksi di kawasan wisata Gunung Bromo.
Location: Laut Pasir Gunung Bromo

Festival Seni Budaya

September 2015

Festival Seni Budaya merupakan pagelaran kesenian tayub khas Probolinggo, yang dilaksanakan di Madakaripura yang diyakini sebagai tempat pertapaan Patih Gajah Mada dalam menyatukan Nusantara.
Location: Madakaripura Kab. Probolinggo

Pemilihan Duta Wisata Kacong Jebbing Kab. Bangkalan

September 2015

Merupakan ajang unjuk kemampuan putra putri Bangkalan di bidang seni, budaya dan pariwisata yang akan mengantarkan mereka menjadi duta wisata Kab. Bangkalan
Location: Kab. Bangkalan

Kerapan Sapi Tingkat Kabupaten

September 2015

Merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bangkalan. Pemenang pada tingkat Kab. Bangkalan akan dikirim ke Grand Final Kerapan sapi memperebutkan Piala Presiden di Pamekasan
Location: Kab. Bangkalan

Pekan Raya Bangkalan dan Hari Jadi Bangkalan

September 2015

Merupakan event pameran pembangunan yang diselenggarakan dalam rangka hari jadi Bangkalan, disamping pameran juga dilaksanakan kirab budaya yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat Bangkalan.
Location: Kab. Bangkalan

Upacara petik laut Sendangbiru

September 2015

Upacara yang merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas hasil tangkapan ikan yang melimpah.
Location: Pantai Sendangbiru, Kab. Malang

Yadnya Karo

September 2015

Yadnya Karo atau hari Raya Karo bagi masyarakat Tengger tak ubahnya Idul Fitri bagi umat Islam. Pada perayaan yadnya Karo biasanya ditampilkan Tari Sodoran yaitu tari yang menggambarkan diciptakannya manusia.
Location: Kab. Pasuruan

Pasuruan Festival

September 2015

Merupakan kegiatan pameran yang menampilkan seluruh potensi pariwisata Kab. Pasuruan (Daya Tarik Wisata, seni tari, musik, religi, kuliner dan industri). Kegiatan ini didukung oleh Forum komunikasi Pelaku Pariwisata Pasuruan.
Location: Kab. Pasuruan

Sanggring Kolak Ayam

September 2015

Menurut cerita kegiatan ini diawali pada jaman pemerintahan Giri Kedaton, yang pada saat itu masyarakat desa Gumeno terserang wabah penyakit yang tak kunjung sembuh. Kemudian penguasa setempat memerintahkan membuat kolak ayam dan diberikan kepada masyarakat yang sakit yang ternyata menjadi obat bagi masyarakat yang terserang penyakit tersebut.
Location: Kab. Gresik