Kalender Pariwisata Bulan Mei


SURABAYA

SURABAYA SHOPPING FESTIVAL

Waktu : 1 – 31 Mei 2016
Lokasi : Pusat – pusat perbelanjaan di Surabaya

Surabaya Shopping Festival merupakan bulan belanja murah bagi masyarakat Surabaya dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Surabaya. Kegiatan tersebut diikuti oleh Mall-mall yang ada di Surabaya dengan memberikan diskon sampai 80 % untuk berbagai barang, sehingga sayang untuk dilewatkan oleh masyarakat maupun wisatawan.

PARADE BUDAYA DAN PAWAI BUNGA

Waktu : Hari Minggu pada Minggu Pertama Mei 2016
Lokasi : Tugu Pahlawan – Balai Kota Surabaya

Sebuah atraksi menarik yang menampilkan arak-arakan mobil hias dan atraksi budaya oleh para seniman dari berbagai daerah di Indonesia. Parade ini diselenggarakan untuk menandai dimulainya kegiatan memperingati Hari Jadi Kota Surabaya.

SURABAYA GREAT EXPO

Waktu : 18 - 22 Mei 2016
Lokasi : Grand City Convex

Pameran Industri dan Perdagangan dengan menampilkan berbagai produk-produk unggulan dari peserta yang terdiri dari beberapa instansi pemerintah maupun instansi swasta dari berbagai daerah di Indonesia.

FESTIVAL RUJAK ULEG

Waktu : Mei 2016
Lokasi : Jl. Kembang Jepun

Makanan Rujak Uleg merupakan salah satu kuliner khas dari Kota Surabaya yang sangat populer. Festival ini diikuti dan dimeriahkan oleh ribuan orang untuk bersama sama meracik rujak uleg. Pada festival ini dapat anda nikmati dan rasakan pengalaman meracik rujak uleg di cobek raksasa berdiameter 1,5 meter. Kegiatan ini merupakan salah satu dari Rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya.

HAUL SUNAN AMPEL KE 567

Waktu : Mei 2016
Tempat : Komplek Masjid dan Makam Sunan Ampel

Merupakan kegiatan dalam rangka memperingati wafatnya Sunan Ampel, dengan menggelar berbagai kegiatan : Tahlilan, Shalawatan, Pengajian Umum, Hadrah, Khitanan Massal

PEMILIHAN DUTA WISATA CAK DAN NING SURABAYA

Waktu : Mei 2016
Tempat : Surabaya

Ajang pemilihan pemuda dan pemudi Kota Surabaya sebagai Duta Wisata Kota Surabaya yang akan bertugas mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kota Surabaya serta sebagai agen pembangunan Kota Surabaya. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Surabaya

Selengkapnya

KAB. MOJOKERTO

PEMILIHAN DUTA WISATA GUS & YUK KABUPATEN MOJOKERTO

WAKTU : Tanggal 7 Mei 2016

Pemilihan Duta Wisata Gus & Yuk Kabupaten Mojokerto merupakan upaya untuk memberikan wadah bagi generasi muda yang peduli terhadap pengembangan pariwisata. Melalui event ini diharapkan para pemenang dapat berperan sebagai Public Relation yang mampu menyampaikan informasi dan mempromosikan destinasi wisata serta keanekaragaman budaya Kabupaten Mojokerto kepada wisatawan nusantara dan mancanegara sehingga kunjungan ke Kabupaten Mojokerto semakin meningkat.

LOMBA PERAHU DAYUNG MAJAPAHIT IV

Waktu : tanggal 26 – 29 Mei 2016
Lokasi / tempat : Sungai Brantas

Lomba Perahu Dayung Majapahit merupakan wujud pelestarian budaya Majapahit dalam bentuk alat transportasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Mojokerto sebagai sarana promosi wisata, menumbuhkan minat generasi muda terhadap olahraga dayung dan menjaga kelestarian ekosistem serta kebersihan sungai Brantas.

Selengkapnya

KOTA MALANG

GEBYAR SENI BUDAYA DI UPT TAREKO

Waktu : Minggu pertama Mei 2016
Tempat : Taman Rekreasi Kota Malang (Tareko)

Penampilan pertunjukan seni secara rutin di Taman Rekreasi Kota Malang

PAGELARAN PADANG BULAN

Waktu : Minggu ke 2, Mei 2016
Tempat : Taman Krida Budaya Malang

Pertunjukan seni dan budaya dan permainan tradisional masyarakat dalam rangka menyambut padang bulan (bulan purnama)

FESTIVAL KULINER MALANG

Waktu : Mei 2016
Tempat : Taman Rekreasi Tlogomas, Malang

Festival / lomba kuliner tradisional Jawa Timur

MALANG STREET PERCUSSION FESTIVAL

Waktu : Minggu ke 4, Mei 2016
Tempat : Ijen Boulevard, Malang

Pertunjukan grup perkusi tradisional Malangan yang rancak dengan menggunakan kereta hias.

Selengkapnya

NGAWI

KEDUK BEJI SENDANG TAWUN

Waktu : Selasa Kliwon Bulan Rajab (Mei 2016)
Tempat : Pemandian Tawun

Prosesi pembersihan mata air Tawun yang dilakukan oleh masyarakat sekitar Pemandian Tawun dengan cara menyelam ke pusat mata air paling dalam dengan berpakaian pengantin diiringi dengan gamelan serta diikuti dengan upacara. Juga ditampilkan hiburan : Campursari, Reyog, Wayang Kulit dan Langen Bekso

Selengkapnya

PONOROGO

PENTAS REYOG BULAN PURNAMA

Waktu : 22 MEI 2016
Lokasi : Panggung Utama Alun Alun Ponorogo

Pentas Reyog bulan purnama dilaksanakan secara rutin tiap malam bulan purnama pada tanggal 14 malam 15 bulan Jawa. Penampilan reyog bulan purnama diawali dengan penampilan tari-tarian dari sanggar yang telah dijadwalkan dan dari sekolah-sekolahan yang berpartisipasi ikut mengisi kegiatan tersebut. Dan pada puncak acara ditutup dengan penampilan Reyog dan dimulai pada pukul 20.00 s/d 23.00 WIB.

PAGELARAN WAYANG KULIT AKHIR BULAN

Waktu : 28 Mei 2016


Selengkapnya

KAB. MOJOKERTO

PAGELARAN WAYANG KULIT

Waktu : Mei 2016
Tempat Komplek Makam Sunan Pangkat, Krapyak-Pacet.

Wayang kulit adalah kesenian tradisional Indonesia yang berkembang di tanah Jawa. Wayang kulit dimainkan oleh seorang Dalang dan diiringi musik gamelan serta tembang oleh seorang Sinden. Kabupaten Mojokerto mempunyai potensi Dalang yang terhimpun dalam wadah PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) Kabupaten Mojokerto. Pergelaran wayang kulit digelar pada event Hari Jadi Kabupaten Mojokerto dan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini berpotensi untuk mencari bibit dalang muda serta ruang apresiasi kesenian yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Selengkapnya

LAMONGAN

PARADE BUDAYA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI LAMONGAN

Waktu : Mei 2016
Lokasi : Alun-alun Kab. Lamongan

Kegiatan ini diselenggarakan untuk menampilkan berbagai macam budaya Kabupaten Lamongan

PEMILIHAN DUTA WISATA YAK YUK LAMONGAN

Waktu : Mei 2016
Lokasi : GOR Lamongan


Selengkapnya

MAGETAN

GEBYAR LABUHAN SARANGAN

Waktu : Mei 2016
Tempat : Telaga Sarangan

Merupakan upacara ritual “Bersih Desa” yang diselenggarakan setiap tahun pada Hari Jum’at pon Bulan Ruwah. Bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat desa atas berkah dari Yang Maha Kuasa atas segala berkah yang diberikan dengan wujud pelarungan persembahan (sesaji) ke telag

Selengkapnya

NGANJUK

KEGIATAN WAYANG PURWO PERIODIK

Waktu : Mei 2016
Tempat : 10 Kecamatan di Kab. Nganjuk

Merupakan pertunjukan Wayang Purwo secara periodic yang dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan budaya adiluhung serta meningkatkan kualitas seiring perkembangan jaman.

Selengkapnya

KOTA BLITAR

PEMILIHAN DUTA WISATA KANGMAS DIAJENG

Waktu : Mei 2016
Tempat : Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Blitar

Event Pemilihan Kangmas Diajeng Kota Blitar diselenggarakan setiap tahun. Kegiatan Pemilihan Kangmas Diajeng Kota Blitar selain sebagai ajang pemilihan putra putri daerah, juga terkait dengan arah kebijakan Pemerintah Kota Blitar dalam pembangunan seni budaya dan pariwisata. Kangmas Diajeng yang terpilih diikutsertakan dalam Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur

PAGELARAN SENI BUDAYA MALAM MINGGUAN

Waktu : Mei 2016
Tempat : PIPP Kota Blitar, Istana Gebang

pagelaran seni disetiap malam mingguan adalah pagelaran seni yang dipentaskan oleh kelompok kesenian tradisional dari masing – masing kelurahan se kota Blitar secara bergantian. Pagelaran seni ini bertujuan sebagai wujud untuk nguri – nguri (melestarikan) budaya Jawa agar kesenian tradisional tetap eksis, serta mengantisipasi kepunahan.

GREBEG PANCASILA

Waktu : 31 Mei s/d 1 Juni 2016
Tempat : Alun-alun dan Makam Bung Karno Kota Blitar

Grebeg Pancasila adalah Upacara Budaya dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Blitar bersama seniman Blitar. Grebeg Pancasila dikemas melalui sentuhan seni dan budaya serta piranti etnik yang dikolaborasikan dengan unsur-unsur sejarah tanpa meninggalkan kekhidmadan makna sebuah upacara. Prosesi Grebeg Pancasila diantaranya adalah Bedolan Pusaka Nagari yang dilaksanakan pada malam hari menjelang tanggal 1 Juni berupa arak – arakan yang diikuti segenap warga Kota Blitar dengan berbagai aksesoris yang mencerminkan Pancasila berikut lambang Garuda, dengan start dari Dalem Gebang (rumah Presiden Republik Indonesia Soekarno ketika masa kanak-kanak) menuju Kantor Walikota Blitar, dilanjutkan Malam Renungan Lahirnya Pancasila. Pada keesokan harinya yaitu tepatnya tanggal 1 Juni diselenggarakan Upacara Budaya di alun-alun Kota Blitar, yang dilanjutkan dengan Kirab Gunungan Lima yang menggambarkan Lima Dasar Pancasila, yang dikawal oleh Prajurit Siji, Prajurit Enem, dan Prajurit Patang Puluh Lima menandai hari lahir Pancasila, 1 Juni 1945. Akhir Prosesi ini disebut dengan Kenduri Pancasila. Puncak acara Kenduri ini berupa ngalap berkah yakni Gunungan Lima akan diberikan kepada para pengunjung dan masyarakat sekitarnya.

Selengkapnya

KOTA PROBOLINGGO

SPKP (SEMARAK PAGI KOTA PROBOLINGGO)

Waktu : Mei 2016
Lokasi : Kota Probolinggo

Semarak Pagi Kota Probolinggo merupakan kegiatan bazar jalanan yang digelar oleh Pemerintah Kota Probolinggo pada setiap bulannya. Berbagai jenis produk unggulan turut dipamerkan dalam kegiatan yang digelar dari jam 05.30-11.00 WIB. Kegiatan ini berorientasi menggali potensi ekonomi kemasyarakatan digelar melalui peran aktif SKPD dan pihak swasta dalam pemberdayaan masyarakat.

Selengkapnya

KAB. PROBOLINGGO

JAMBORE JELAJAH WISATA

Waktu : Mei 2016
Lokasi : Pakuniran

Merupakan kegiatan yang didikuti oleh berbagai komunitas yang ada di Kabupaten Probolinggo dan Jawa Timur untuk menikmati keindahan daya tarik wisata di Probolinggo.

FESTIVAL PENJOR

Waktu : Mei 2016
Lokasi : Sukapura

Merupakan festival yang dilaksanakan di Kecamatan Sukapura untuk mendukung Kasada tahun 2016 yang diikuti oleh warga Kecamatan Sukapura.

Selengkapnya

KAB. MALANG

GREBEG TIRTO AJI

Waktu : Mei 2016
Lokasi : Pemandian Wendit

Merupakan upacara adat / ritual suku Tengger untuk mengambil air dari Sendang Widodaren yang bertujuan untuk memohon keselamatan dan rizki

Selengkapnya

BONDOWOSO

INTERNATIONAL IJEN RUN 2016

Waktu : Mei 2016
Tempat : Kec.Sempol, Kab.Bondowoso

Event wisata olahraga lari internasional yang diikuti oleh para atlit baik dari Indonesia maupun manca negara, dengan rute lari melintasi Daya Tarik Wisata di Kabupaten Bondowoso, antara lain Monumen Gerbong Maut, Kawah Wurung, Agrowisata, dll.

BONDOWOSO FAM TRIP 2016

Waktu : Mei 2016
Tempat : Kab.Bondowoso

Merupakan ajang pengenalan obyek atraksi wisata unggulan Kabupaten Bondowoso, dengan mengundang para pelaku usaha & buyers dibidang pariwisata untuk datang & berkunjung di Kabupaten Bondowoso. Ditampilkan juga berbagai atraksi seni budaya antara lain kesenian ronteg singo ulung, kentrung, tari topeng, seni membatik, dll. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi nyata akan potensi pariwisata & ekonomi kreatif Kabupaten Bondowoso.

UPACARA ADAT “BERSIH DESA BLIMBING”

Waktu : Setiap 13-15 sya’ban (Mei 2016)
Merupakan ritual adat bersih desa Blimbing Kec. Klabang yang dilakukan secara rutin setiap tahun oleh masyarakat secara gotong royong. Upacara adat ini untuk memohon keselamatan, perlindungan & kesejahteraan serta kemakmuran bagi warga masyarakat Desa Blimbing Kec. Klabang. Pada ritual ini ditampilkan atraksi ojung serta atraksi singo ulung sebagai lambang sejarah berdirinya Desa Blimbing oleh Juk Seng / Mbah Singo.


Selengkapnya

SIDOARJO

FESTIVAL JENGGOLO

Waktu : Mei 2016
Lokasi : LIPPO PLAZA Sidoarjo

Merupakan event tahunan sebagai salah satu sarana untuk menggali dan menggangkat budaya daerah Kabupaten Sidoarjo, sehingga dapat mengingatkan kembali sejarah keberadaan Kerajaan Jenggolo sebagai awal mula terbentuknya Kabupaten Sidoarjo, melalui penampilan Pakaian Khas Penggantin Jenggolo dan diramaikan oleh Ahli Rias Pengantin, Ahli Fotografi, UMKM Pariwisata serta Salon & Spa di Kabupaten Sidoarjo.

Selengkapnya
Booking Hotel
Powered by :
Tautan