Kalender Pariwisata Bulan April


KOTA BLITAR

HARI JADI KOTA BLITAR

Waktu : 1 April 2016
Tempat : Alun-alun Kota Blitar

Event Hari Jadi Kota Blitar dilaksanakan setiap tahun untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kota Blitar. Event ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi dan kegiatan antara lain : “ Upacara bendera bernuansa Blitar Tempo Dulu (Blitar Djadoel) “ kegiatan ini sangat menarik dan unik karena semua peserta upacara dan undangan menggunakan pakaian era jaman Kolonial Belanda, “Bazar dan Kesenian Tradisional Blitar Djadoel “ kegiatan ini berisikan pameran bernuansa Djadoel, serta dimeriahkan kesenian tradisional antara lain Jaranan, Tari Gambyong Klasik, Keroncong, Mocopat, Kentrung, Cokekan, Ketoprak serta Pentas Musik Djadoel. Puncak acara Peringatan Hari Jadi Kota Blitar diisi Resepsi dan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di halaman Kantor Walikota Blitar yang didahului dengan acara pesta Kembang Api.

PAGELARAN SENI BUDAYA MALAM MINGGUAN

Waktu : Setiap Malam Minggu
Tempat : PIPP Kota Blitar, Istana Gebang

Pagelaran seni disetiap malam mingguan adalah pagelaran seni yang dipentaskan oleh kelompok kesenian tradisional dari masing – masing kelurahan se kota Blitar secara bergantian. Pagelaran seni ini bertujuan sebagai wujud untuk nguri – nguri (melestarikan) budaya Jawa agar kesenian tradisional tetap eksis, serta mengantisipasi kepunahan.
Selengkapnya

KOTA MALANG

GEBYAR SENI BUDAYA DI UPT TAREKO

Waktu : Minggu pertama April 2016
Tempat : Taman Rekreasi Kota Malang (Tareko)

Penampilan pertunjukan seni secara rutin di Taman Rekreasi Kota Malang

MALANG FASHION STREET FESTIVAL

Waktu : Minggu ke 2, April 2016
Tempat : Ijen Boulevard, Malang

Pertunjukan atraksi desain pakaian kreativitas masyarakat dengan memanfaatkan jalan sebagai catwalk.

Selengkapnya

PONOROGO

PEMENTASAN REYOG DI TELAGA NGEBEL

Waktu : Sabtu, 9 April 2016 Jam 19.00 s/d selesai
Tempat : Dermaga Telaga Ngebel


PENTAS TEATER

Waktu : Sabtu, 16 April 2016, Jam 19.00 Wib. s/d selesai
Lokasi : Gedung Kesenian , Jl. Pramuka 19 A Ponorogo


PENTAS REYOG BULAN PURNAMA

Waktu : 22 April 2016
Lokasi : Panggung Utama Alun Alun Ponorogo

Pentas Reyog bulan purnama dilaksanakan secara rutin tiap malam bulan purnama pada tanggal 14 malam 15 bulan Jawa. Penampilan reyog bulan purnama diawali dengan penampilan tari-tarian dari sanggar yang telah dijadwalkan dan dari sekolah-sekolahan yang berpartisipasi ikut mengisi kegiatan tersebut. Dan pada puncak acara ditutup dengan penampilan Reyog dan dimulai pada pukul 20.00 s/d 23.00 WIB.


PAGELARAN WAYANG KULIT AKHIR BULAN

Waktu : Sabtu, 30 April 2016


Selengkapnya

KAB. MOJOKERTO

FESTIVAL SENI BANTENGAN VII

Waktu : 23-24 April 2016
Tempat : Kecamatan Gondang

Kesenian Bantengan merupakan sebuah seni tradisional rakyat di Kabupaten Mojokerto yang kemudian menjadi suatu seni tradisi yang dikembangkan secara turun temurun oleh masyarakat. Kesenian yang diduga lahir di daerah Pacet ini sekarang mengalami perkembangan begitu pesat di wilayah Kabupaten Mojokerto. Oleh karena itu untuk melestarikan seni bantengan, Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto setiap tahun menggelar festival seni bantengan yang diikuti oleh lebih kurang 60 kelompok / group seni bantengan diseluruh wilayah Kabupaten Mojokerto dengan memperebutkan piala bergilir Bupati Mojokerto.

FESTIVAL SENI BUDAYA PELAJAR

Waktu : Tanggal 30 April 2016

Dalam upaya meningkatkan kegiatan Seni Budaya dikalangan pelajar, Pemerintah Kabupaten Mojokerto menyelenggarakan Festival Seni Budaya khususnya teater dan musik sehingga dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi serta produktifitas pelajar dalam pengelolaan seni budaya.

Selengkapnya

KAB. PROBOLINGGO

FESTIVAL KARYA TARI (FKT)

Waktu : April 2016

Merupakan lomba kreatifitas seni budaya tradisional yang digali dari budaya daerah / mengandung muatan local.

FESTIVAL KARYA LAGU (FKL)

Waktu : April 2016

merupakan ajang olah vocal dalam bentuk festival yang bertujuan untuk menghasilkan lagu-lagu baru dengan kearifan lokal.

KERONCONG PANTAI

Waktu : April 2016

Merupakan suatu pagelaran untuk menggugah semangat para kawula muda mencintai dan melestarikan musik keroncong.

SPKP (SEMARAK PAGI KOTA PROBOLINGGO)

Waktu : April 2016
Lokasi : Kota Probolinggo

Semarak Pagi Kota Probolinggo merupakan kegiatan bazar jalanan yang digelar oleh Pemerintah Kota Probolinggo pada setiap bulannya. Berbagai jenis produk unggulan turut dipamerkan dalam kegiatan yang digelar dari jam 05.30-11.00 WIB. Kegiatan ini berorientasi menggali potensi ekonomi kemasyarakatan digelar melalui peran aktif SKPD dan pihak swasta dalam pemberdayaan masyarakat.

Selengkapnya

NGANJUK

PAWAI ALLEGORIS

Waktu : April 2016

Pawai Budaya ini digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kab. Nganjuk sebagaimana tertulis pada prasasti Anjuk Ladang tertanggal 10 April 937 Masehi. Pawai ini berupa Prosesi Boyong Pemerintahan dari Kec. Berbek ke Pendopo Kabupaten yang diikuti oleh Bupati, Muspida, para pejabat pemerintahan dan masyarakat dengan menaiki kereta kencana, dokar, becak dan sepeda onthel. Semua berpakaian adat Jawa tempo dulu. Disambung dengan Kirab Pusaka, baik pusaka Kabupaten maupun pusaka dari 20 kecamatan di Kab. Nganjuk oleh sesepuh menuju Pendopo Kab. Nganjuk.

KEGIATAN WAYANG PURWO PERIODIK

Waktu : April 2016
Tempat : 10 Kecamatan di Kab. Nganjuk

Merupakan pertunjukan Wayang Purwo secara periodic yang dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan budaya adiluhung serta meningkatkan kualitas seiring perkembangan jaman

Selengkapnya

KAB. MALANG

SYUKURAN NELAYAN PANTAI TAMBAN

Waktu : April 2016
Lokasi : Pantai Tamban


Selengkapnya

KOTA KEDIRI

FESTIVAL JARANAN NUSANTARA

Waktu : April 2016
Lokasi : Kota Kediri

Festival ini menampilkan berbagai kelompok jaranan terbaik yang bertujuan untuk melestarikan kesenian / budaya khas Kediri

Selengkapnya

JEMBER

PEMILIHAN PUTRI HIJABER DAN PUTRI BATIK

Waktu : April – Mei 2016
Tempat : Kota Jember

Salah satu event untuk ajang kreatifitas, minat dan bakat anak-anak muda terutama kecintaan terhadap produk local batik dan melahirkan muslimah yang berkarakter terhadap jati diri daerah.

Selengkapnya

SAMPANG

PROSESI PETIK LAUT (ROKAT TASE')

Waktu : April / Mei 2016
Lokasi : di Kecamatan Ketapang dan di Kecamatan Sreseh

Merupakan Bentuk rasa syukur para nelayan yang umumnya berada di pesisir pantai selatan Kabupaten Sampang atas hasil laut yang melimpah. Tradisi ini berupa larung sesaji laut yang disertai iring-iringan kesenian khas Madura seperti musik Sronen, Tari Mowang Sangkal (Buang sial),dll.

Selengkapnya
Booking Hotel
Powered by :
Tautan