Kalender Pariwisata Bulan September


BOJONEGORO

FESTIVAL BENGAWAN BOJONEGORO

Waktu : September 2016

Merupakan rangkaian event / kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bojonegoro yang diselenggarakan tanggal 1 s/d 20 September 2016

BENGAWAN SOCCER

Waktu : 3-10 September 2016, Pk. 15.00 – 18.30
Lokasi: Desa Ledok Kulon, Kec. Bojonegoro

Bengawan Soccer merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan pada tahun 2016, memadukan antara olah raga yang sangat digemari berbagai usia, di lapangan yang tidak biasa (bantaran sungai Bengawan Solo yang berpasir landai, atau oleh warga lokal disebut ‘Gisikan’). Kegiatan ini sebagai upaya memberi wisata rekreatif dan edukatif karena dimainkan oleh anak-anak usia SD.

GELAR BUDAYA BENGAWAN

Waktu: 17 September 2016, Pk.19.00
Lokasi: Desa Ledok Kulon & TBS (Kota)

Kegiatan ini berlangsung sehari penuh, diawali dengan Mini Cross (sepeda BMX) yang diikuti oleh crosser dari Bojonegoro dan sekitarnya dan dilanjutkan dengan final Bengawan Soccer, kesemuanya diselenggarakan di bantaran sungai Bengawan Solo yang melintasi Bojonegoro. Pada malam harinya, akan digelar Gelar Budaya Bojonegoro oleh seniman Bojonegoro dalam bentuk pembacaan puisi, musikalisasi, pertunjukan keroncong, dan parade folklore, di panggung yang didesain di atas sungai Bengawan Solo.

FESTIVAL DOLANAN

Waktu: 18 September 2016, Pk.08.00
Lokasi: Desa Ledok Kulon, Kec. Bojonegoro

Berbagai kegiatan dolanan yang diselenggarakan di pesisir Bengawan Solo, diantaranya adalah Kreasi Patung Pasir Keluarga, Kreasi Perahu Apung Modifikasi, Lomba Menggambar dan Bluron Carnival (Karnaval menggunakan Kostum unik menyeberangi Bengawan Dangkal).

FESTIVAL LAYANGAN

Waktu : 19 September 2016
Lokasi: Bendung Gerak Desa Padang, Kec Trucuk

Merupakan parade layang-layang hias dan lomba layang - layang aduan, sebelumnya diawali dengan pencatatan rekor lomba renang menyeberangi Bengawan Solo.

PARADE PERAHU HIAS

Waktu: 20 September 2016 Pk.09.00 – 18.30
Lokasi: Bendung Gerak Desa Padang, Kec Trucuk - TBS (Kota)

Kegiatan kolosal yang berisi parade perahu hias dan parade perahu wisata dengan melibatkan warga sekitar lokasi. Kegiatan lain yang ditampilkan adalah pagelaran tari kolosal, pameran Foto dan Karya Seni, Membaca Jejak Bengawan, Pasar Rakyat Bengawan dan Lelang Bengawan.

PAWAI BUDAYA BOJONEGORO

Waktu : September /Oktober 2016
Lokasi : Pendapa Malawapati, Jl” Mas Tumapel

Pawai Budaya Bojonegoro merupakan upaya pengembangan dan pemanfaatan potensi Seni budaya dan sejarah local serta tradisi yang memiliki keanekaragaman bentuk, jenis dan visualisasi yang merupakan warisan penting untuk penguatan martabat, jati diri dan sumber inspirasi bagi kehidupan berbudaya

Selengkapnya

KOTA BLITAR

PAGELARAN SENI BUDAYA MALAM MINGGUAN

Waktu : Setiap Malam Minggu
Tempat : PIPP Kota Blitar, Istana Gebang

Pagelaran seni disetiap malam mingguan adalah pagelaran seni yang dipentaskan oleh kelompok kesenian tradisional dari masing – masing kelurahan se kota Blitar secara bergantian. Pagelaran seni ini bertujuan sebagai wujud untuk nguri – nguri (melestarikan) budaya Jawa agar kesenian tradisional tetap eksis, serta mengantisipasi kepunahan

Selengkapnya

PONOROGO

PENTAS REYOG BULAN PURNAMA

Waktu : Sabtu, 17 September 2016
Lokasi : Panggung Utama, Alun Alun Ponorogo

Pentas Reyog bulan purnama dilaksanakan secara rutin tiap malam bulan purnama pada tanggal 14 malam 15 bulan Jawa. Penampilan reyog bulan purnama diawali dengan penampilan tari-tarian dari sanggar yang telah dijadwalkan dan dari sekolah-sekolahan yang berpartisipasi ikut mengisi kegiatan tersebut. Dan pada puncak acara ditutup dengan penampilan Reyog dan dimulai pada pukul 20.00 s/d 23.00 WIB.

PAGELARAN WAYANG KULIT AKHIR BULAN

Waktu : 24 September 2016
Merupakan pagelaran wayang kulit setiap akhir bulan


GREBEG SURO DAN FESTIVAL REYOG NASIONAL

Waktu : 25 September s/d 1 Oktober 2016
Lokasi : Panggung Utama Alun-alun Kab. Ponorogo.

Grebeg suro merupakan acara tahunan yang dirayakan setiap tanggal 1 Muharram ( 1 Suro pada bulan Jawa) untuk memperingati dan menyukuri kedatangan tahun baru Islam Hijriyah. Pada acara Grebeg Suro juga digelar berbagai kegiatan budaya dan keagamaan serta penyelenggaraan Festival Reyog Nasional yang diikuti oleh sanggar Reyog dari seluruh Indonesia.

Selengkapnya

KAB. PASURUAN

YADNYA KARO

Waktu : 17 September 2016
Tempat : Kecamatan Tosari, Kab. Pasuruan

Yadnya Karo adalah upacara agama Hindu Tengger untuk memperingati terciptanya alam semesta. Yadnya Karo dilaksanakan pada bulan Karo penanggalan Suku Tengger dan dalam peringatan tersebut masyarakat Tengger menggunakan pakaian adat Hindu yakni baju hitam dengan ikat kepala atau udeng. Rangkaian Ritual Yadnya Karo adalah : Kumpul Karo, Tekaning Ping Pitu, Pemasangan Penjor/Umbul Umbul, Melekan Kajad Banten Karo, Resik Banten Karo, Sodoran (Nginum).

Selengkapnya

PACITAN

UPACARA ADAT CEPROTAN

Waktu : setiap bulan Dzulqaidah, hari Senin Pahing 2016
Tempat : Desa Sekar, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan

Upacara Ceprotan, adalah upacara ritual khas masyarakat Pacitan, khususnya masyarakat Desa Sekar Kecamatan Donorojo yang selalu dilaksanakan tiap tahun pada bulan Dzulqaidah (Longkang), pada hari Senin Kliwon .Acara ini diselenggarakan untuk mengenang pendiri desa Sekar yaitu Dewi Sekartaji dan Panji Asmoro Bangun melalui kegiatan bersih desa. Upacara ini diyakini dapat menjauhkan desa dari bencana dan memperlancar kegiatan pertanian.

Selengkapnya

KOTA MALANG

PEMILIHAN KAKANG MBAKYU

Waktu : Minggu ke 1, September 2016
Tempat : Graha Cakrawala Univ. Negeri Malang

Pemilihan Duta Pariwisata Kota Malang yang akan menjadi frontier dalam mempromosikan kepariwisataan Kota Malang.

GEBYAR SENI BUDAYA DI UPT TAREKO

Waktu : September 2016
Tempat : Taman Rekreasi Kota Malang (Tareko)

Penampilan pertunjukan seni secara rutin setiap minggu pertama setiap bulan di Taman Rekreasi Kota Malang

Selengkapnya

KAB. KEDIRI

KEDIRI LOCAL KOI SHOW 2016

Waktu : 10 – 11 September 2016
Tempat: Desa Pranggang, Kec. Plosoklaten, Kab. Kediri

Merupakan bentuk kepedulian dan silaturahmi KKC (Kediri Koi Club) untuk menggali potensi kreatifitas dan pembudidayaan ikan koi.

Selengkapnya

BANYUWANGI

SEBLANG BAKUNGAN

Waktu : 21 September 2016, Pk. 19.00 WIB
Lokasi : Kelurahan Bakungan, Kec. Glagah

Upacara adat Seblang adalah ritual adat dengan media tari, musik dan syair-syair khas suku Osing, Banyuwangi. Upacara adat ini bertujuan sebagai ritual bersih desa dan tolak bala agar desa tetap dalam keadaan aman dan tentram. Upacara adat Seblang sendiri hanya dapat ditemukan di dua desa di wilayah Banyuwangi, yaitu Kelurahan Bakungan dan Desa Olehsari Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Ritual adat dalam bentuk tari ini melambangkan kesakralan, ritual pertemuan dua dunia, sekaligus sebagai rasa syukur atas karunia yang diberikan oleh sang Pencipta dan juga menjadi permohonan untuk tolak bala.

FESTIVAL GANDRUNG SEWU

Waktu : September 2016, Pk.14.00 WIB
Lokasi : Pantai Boom Kec. Kota Banyuwangi

Suguhan tarian tradisional Banyuwangi (Tari Gandrung) secara masal, dengan melibatkan 1000 orang penari .Pakain penari yang khas dengan warna yang mencolok dengan latar belakang selat Bali akan menghasilkan pemandangan yang menakjubkan bagi yang menyaksikan, apalagi dipadu dengan hamparan pasir pantai boom yang luas sebagai pentas event tahunan ini. Kegiatan ini dilaksanakan mulai siang hari hingga terbenam matahari. Gandrung sewu diselenggarakan sejak tahun 2012 dan setiap tahun temanya berbeda.

Selengkapnya

KAB. MALANG

UPACARA PETIK LAUT SENDANGBIRU

Waktu : September 2016
Tempat : Pantai Sendangbiru


Selengkapnya

LUMAJANG

FESTIVAL SEMERU AGUNG

Waktu : September 2016
Tempat : Wantilan Pura Mandaragiri Semeru Agung

Semeru Agung festival merupakan kegiatan harmoni , cipta, karya dan budaya yang diwujudkan dalam gelaran musik, tari dan sarasehan budaya nusantara.

Selengkapnya

KAB. BLITAR

PERGELARAN PURNAMA SERULING PENATARAN

Waktu : September 2016
Lokasi : Kawasan Wisata Penataran

Merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 3 bulan sekali oleh Dewan Kesenian Kabupaten Blitar pada saat bulan purnama, dengan menghadirkan tamu seniman asing dan luar daerah.

Selengkapnya

NGAWI

NGAWI SPECTA NIGHT CARNIVAL

Waktu : September 2016
Tempat : Jl. Protokol Kab. Ngawi

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong Visit Ngawi Year 2017 dalam bentuk Pawai Budaya di malam hari sebagai upaya untuk mempromosikan pariwisata, seni budaya dan produk unggulan

Selengkapnya

KAB. PASURUAN

LOMBA PACUAN KUDA BUPATI CUP

Waktu : September 2016
Tempat : Gelanggang pacuan kuda Ki Ageng Astro Joyo, Desa Cobanjoyo,Kecamatan Kejayan,Kabupaten Pasuruan

Lomba pacuan kuda tingkat Nasional memperebutkan Bupati Cup III di selenggarakan dalam rangka memperingati Hari jadi Kabupaten Pasuruan ke 1087 tahun 2016

PASURUAN ART AND CULTURE CARNIVAL

Waktu : September 2016
Tempat : Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan

Event ini diselenggarakan tiap tahun dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1087 dengan kegiatan pawai seni budaya dari masing-masing kecamatan yang menggambarkan potensi unggulan maupun seni budaya serta legenda, dilanjutkan dengan prosesi penyerahan replica prasasti kepada Bupati Pasuruan

Selengkapnya

KAB PROBOLINGGO

FESTIVAL PEKALEN

Waktu : September 2016
Lokasi : Gading, Tiris

Merupakan ajang unjuk kebolehan dalam mengarungi sungai dengan melibatkan 3 (tiga) operator yang ada yaitu : Songa adventure, Regulo dan Noars. Pemandangan yang indah disaat mengarungi sungai Pekalen antara lain : Gua Lawa, Gua Ular dan Air Terjun serta sensasi beberapa jeram yang menantang menjadi daya tarik utama untuk mengikuti festival ini.

AMAZING RACE

Waktu : September 2016
Lokasi : Sukapura

Merupakan lomba yang diikuti oleh peserta/kelompok untuk menempuh perjalanan dari daya tarik wisata yang satu ke yang lainnya melalui rute-rute yang sudah ditentukan oleh panitia.

Selengkapnya

KOTA PROBOLINGGO

SPKP (SEMARAK PAGI KOTA PROBOLINGGO)

Waktu : Sekali setiap bulan
Lokasi : Berbeda pada setiap Kegiatan

Semarak Pagi Kota Probolinggo merupakan kegiatan bazar jalanan yang digelar oleh Pemerintah Kota Probolinggo pada setiap bulannya. Berbagai jenis produk unggulan turut dipamerkan dalam kegiatan yang digelar dari jam 05.30-11.00 WIB. Kegiatan ini berorientasi menggali potensi ekonomi kemasyarakatan digelar melalui peran aktif SKPD dan pihak swasta dalam pemberdayaan masyarakat.

Selengkapnya

TRENGGALEK

UPACARA ADAT BERSIH DAM BAGONG

Waktu : September 2016
Lokasi : Makam Menak Sopal dan Dam Bagong di Kelurahan Surodakan Kec. Trenggalek

Setiap Jum’at Kliwon bulan Selo masyarakat di dua Kecamatan dan sebelas desa melaksanakan Upacara Bersih Dam Bagong, sebagai ungkapan syukur kepadaTuhan Yang Maha Esa dan memperingati Jasa Pembuat Dam Bagong yaitu Menak Sopal. Pada peringatan Bersih Dam Bagong dikorbankan seekor kerbau untuk menggantikan Gajah Putih, setelah disembelih, kepala dan daging dilemparkan ke Dam Bagong dan diperebutkan oleh masyarakat sekitar, dilanjutkan dengan acara ruwatan wayang kulit dengan cerita Udan Mintoyo serta Ziarah ke Makam Menak Sopal

Selengkapnya

SURABAYA

FESTIVAL LAYANG-LAYANG

Waktu : Bulan September 2016
Tempat : Edupark Pakuwon City Open Area ( Universitas Widya Mandala ).

Festival yang menampilkan kreativitas para peserta layang-layang hias dengan berbagai bentuk dan dipadu dengan warna-warna yang mencolok sehingga menciptakan suatu pemandangan yang atraktif

Selengkapnya

NGANJUK

KEGIATAN WAYANG PURWO PERIODIK

Waktu : September 2016
Tempat : 10 Kecamatan di Kab. Nganjuk

Merupakan pertunjukan Wayang Purwo secara periodic yang dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan budaya adiluhung serta meningkatkan kualitas seiring perkembangan jaman.

Selengkapnya

BANGKALAN

PEMILIHAN DUTA WISATA KACONG JEBBING KABUPATEN BANGKALAN 2016

Waktu : September-Oktober 2016
Tempat : Gedung Rato Ebuh & GOR SAKA Bangkalan

Pemilihan Duta Wisata Kacong Jebbing Kabupaten Bangkalan merupakan ajang unjuk kemampuan putra-putri Bangkalan di bidang seni dan budaya. Serta sebagai wadah kiprah generasi muda di Kabupaten Bangkalan.

Selengkapnya
Booking Hotel
Powered by :
Tautan