Kalender Pariwisata Bulan Agustus


KAB. BLITAR

KIRAB PANJI DAERAH

Waktu : 5 Agustus 2016
Lokasi : Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar

Merupakan Rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar yang diawali dengan Kirab Panji-Panji dan Pusaka Kabupaten Blitar dari kompleks Candi Penataran ke Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro. Dilanjutkan dengan pelaksanaan ritual Hari Jadi antara lain Pisowanan Agung oleh seluruh Pejabat di wilayah Kecamatan dan Kelurahan se Kabupaten Blitar dari Alun-alun menuju Pendopo Bupati Blitar.

PAGELARAN SENI PESONA BUMI PENATARAN

Waktu : Agustus 2016
Lokasi : Kompleks Candi Penataran

Pagelaran ini merupakan rangkaian acara Peringatan Hari Jadi Blitar yang menampilkan atraksi seni budaya khas Blitar dan sendratari yang memvisualisasikan isi cerita dalam relief Candi Penataran.

Selengkapnya

KOTA BLITAR

PAGELARAN SENI BUDAYA MALAM MINGGUAN

Waktu : Setiap Malam Minggu
Tempat : PIPP Kota Blitar, Istana Gebang

Pagelaran seni disetiap malam mingguan adalah pagelaran seni yang dipentaskan oleh kelompok kesenian tradisional dari masing – masing kelurahan se kota Blitar secara bergantian. Pagelaran seni ini bertujuan sebagai wujud untuk nguri – nguri (melestarikan) budaya Jawa agar kesenian tradisional tetap eksis, serta mengantisipasi kepunahan

Selengkapnya

SAMPANG

LOMBA FOTOGHRAPHY WISATA

Waktu : 7 Agustus 2016
Lokasi : Taman Wijaya Kusuma Sampang

Lomba Foto wisata se Madura yang diselenggarakan bersamaan dengan Pameran Foto Wisata Alam, Wisata Budaya dan Wisata Kuliner Kabupaten Sampang serta Lomba foto On The Spot Batik Madura dengan menampilkan rancangan busana Batik Madura

Selengkapnya

PONOROGO

RANGKAIAN HARI JADI KAB. PONOROGO

Waktu : 7 – 11 Agustus 2016
Lokasi : Panggung Utama Alun-alun Kab. Ponorogo

Peringatan hari jadi yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seni budaya, keagamaan, pameran, gelar budaya dan Festival Reog Mini sebagai upaya promosi wisata potensi wisata dan budaya di daerah Kabupaten Ponorogo.

PENTAS REYOG DI TELAGA NGEBEL

Waktu : Sabtu, 13 Agustus 2016, Jam 19.00 s/d selesai,
Lokasi :Dermaga Telaga Ngebel


PENTAS REYOG BULAN PURNAMA

Waktu : Kamis, 18 Agustus 2016
Lokasi : Panggung Utama, Alun Alun Ponorogo

Pentas Reyog bulan purnama dilaksanakan secara rutin tiap malam bulan purnama pada tanggal 14 malam 15 bulan Jawa. Penampilan reyog bulan purnama diawali dengan penampilan tari-tarian dari sanggar yang telah dijadwalkan dan dari sekolah-sekolahan yang berpartisipasi ikut mengisi kegiatan tersebut. Dan pada puncak acara ditutup dengan penampilan Reyog dan dimulai pada pukul 20.00 s/d 23.00 WIB.

PENTAS TEATER

Waktu : Sabtu, 20 Agustus 2016, Jam 19.00 Wib. s/d selesai
Lokasi : Gedung Kesenian, Jl. Pramuka 19 A Ponorogo


PAGELARAN WAYANG KULIT AKHIR BULAN

Waktu : 27 Agustus 2016
Merupakan pagelaran wayang kulit setiap akhir bulan


Selengkapnya

KAB. PASURUAN

FESTIVAL TRETES

Waktu : 10-16 Agustus 2016
Tempat: Kecamatan Prigen,Kabupaten Pasuruan

Festival Tretes ini digelar Selama enam hari dengan berbagai macam kegiatan yaitu peragaan busana,lomba memasak,festival kuliner,lomba mewarnai,hingga puncak acara pada 16 Agustus malam di gelar lomba marathon’Tretes Night Run 10 k’

GREBEG MEMETRI

Waktu : 18 Agustus 2016
Tempat : Desa Wonosari,Kecamatan Tutur,Kabupaten Pasuruan

Upacara selamatan Desa Wonosari Kecamatan Tutur sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah dan terhindar dari bencana. Rangkaian kegiatannya adalah : Pameran Produk Local, Kirab Budaya, Panggung Seni Budaya, Kirap Ancak hasil bumi, Ritual penguburan kepala sap

Selengkapnya

KAB. MOJOKERTO

FESTIVAL SENI BUDAYA PELAJAR

Waktu : Tanggal 12-13 Agustus 2016 Pesta Teater Pelajar

Dalam upaya meningkatkan kegiatan Seni Budaya dikalangan pelajar, Pemerintah Kabupaten Mojokerto menyelenggarakan Festival Seni Budaya khususnya teater dan musik sehingga dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi serta produktifitas pelajar dalam pengelolaan seni budaya.

PAGELARAN WAYANG KULIT

Waktu : Agustus 2016
Tempat Komplek Makam Sunan Pangkat, Krapyak-Pacet.

Wayang kulit adalah kesenian tradisional Indonesia yang berkembang di tanah Jawa. Wayang kulit dimainkan oleh seorang Dalang dan diiringi musik gamelan serta tembang oleh seorang Sinden. Kabupaten Mojokerto mempunyai potensi Dalang yang terhimpun dalam wadah PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia) Kabupaten Mojokerto. Pergelaran wayang kulit digelar pada event Hari Jadi Kabupaten Mojokerto dan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini berpotensi untuk mencari bibit dalang muda serta ruang apresiasi kesenian yang ada di Kabupaten Mojokerto.

Selengkapnya

PACITAN

UPACARA ADAT CEPROTAN

Waktu : setiap bulan Dzulqaidah, hari Senin Pahing 2016
Tempat : Desa Sekar, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan

Upacara Ceprotan, adalah upacara ritual khas masyarakat Pacitan, khususnya masyarakat Desa Sekar Kecamatan Donorojo yang selalu dilaksanakan tiap tahun pada bulan Dzulqaidah (Longkang), pada hari Senin Kliwon .Acara ini diselenggarakan untuk mengenang pendiri desa Sekar yaitu Dewi Sekartaji dan Panji Asmoro Bangun melalui kegiatan bersih desa. Upacara ini diyakini dapat menjauhkan desa dari bencana dan memperlancar kegiatan pertanian.

Selengkapnya

BONDOWOSO

HARI JADI BONDOWOSO (HARJABO)

Waktu : 25 Syawal (Agustus 2016)
Tempat : Alun-alun RBA Ki Ronggo Kab.Bondowoso

Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Bondowoso, digelar setiap tahun dengan menampilkan ragam kegiatan wisata, seni & budaya serta tampilan produk unggulan Kabupaten Bondowoso. Pada tahun ini merupakan peringatan Hari Jadi Bondowoso yang ke 197.

KONTES TERNAK UNGGUL BONDOWOSO

Waktu : Agustus 2016
Tempat : Alun-alun RBA Ki Ronggo Kab.Bondowoso

Event rutin yang menyuguhkan kompetisi kualitas ternak unggul (sapi) yang diikuti oleh para peternak dari berbagai penjuru Bondowoso & kota lain. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ternak agar lebih unggul & berkualitas.

BONDOWOSO ZAMAN DOELOE

Waktu : Agustus 2016
Tempat : Alun-alun RBA Ki Ronggo Kab.Bondowoso

Kegiatan ini merupakan Rangkaian Hari Jadi Bondowoso, yang menampilkan keluhuran & keagungan budaya Bondowoso pada jaman dulu yang dikemas dalam rangkaian kegiatan & expo/pameran bernuansa tempo dulu. Ditampilkan juga kegiatan music khas tempo dulu, kuliner jadul maupun pameran benda-benda budaya pada jaman dulu yang masih eksis sampai saat ini.

Selengkapnya

LUMAJANG

HARI ULANG TAHUN KEMERDEKAAN RI

Waktu : 17 Agustus 2016
Lokasi : Puncak Mahameru, Gunung Semeru Kec. Pasrujambe

Merupakan tradisi upacara bendera yang dilaksanakan di puncak Mahameru (Gunung Semeru) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan RI, oleh para pencinta alam baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

HARI ULANG TAHUN RI

Waktu : 17 Agustus 2016
Lokasi : Puncak B29, Desa Argosari, Kec. Senduro

Merupakan upacara bendera yang dilaksanakan di puncak B29 (negeri diatas awan) dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia oleh para pencinta alam baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Selengkapnya

SUMENEP

NYADAR

Waktu : 19 – 20 Agustus 2016
Lokasi : Desa Kebundadap Barat Kec. Saronggi Kab. Sumenep

Nyadar merupakan upacara adat tradisi masyarakat Desa pinggir Papas dan Desa Karanganyar untuk menghormati tokoh masyarakat setempat yang bernama AnggaSuta yang dilaksanakan 2 sampai 3 kali dalam satu tahun. Contac Person : Sukaryo ( 081913762000 )

Selengkapnya

KOTA MALANG

MALANG FLOWER CARNIVAL

Waktu : Minggu ke 3, Agustus 2016
Tempat : Ijen Boulevard, Malang

Penampilan atraksi seni desain kontemporer yang memanfaatkan bunga sebagai media utama

FESTIVAL KENDARAAN HIAS

Waktu : Minggu ke 4 Agustus 2016
Tempat : Start Depan Balaikota Malang

Pameran aneka kendaraan yang dihias secara kreatif yang diikuti oleh berbagai komponen masyarakat (SKPD, Swasta, Kelurahan, Lembaga Pendidikan, Masyarakat)

FESTIVAL KULINER MALANG

Waktu : Agustus 2016
Tempat : Taman Rekreasi Tlogomas, Malang

Festival / lomba kuliner tradisional Jawa Timur

GEBYAR SENI BUDAYA DI UPT TAREKO

Waktu : Agustus 2016
Tempat : Taman Rekreasi Kota Malang (Tareko)

Penampilan pertunjukan seni secara rutin setiap minggu pertama setiap bulan di Taman Rekreasi Kota Malang

Selengkapnya

JEMBER

FESTIVAL EGRANG TANOKER

Waktu : Agustus 2016
Tempat : Kec. Ledokombo – Jember

Festival egrang digelar oleh Tanoker, sebuah kelompok belajar dan bermain anak-anak, secara rutin setiap tahun, bertempat di alun alun Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Puluhan kelompok egrang tampil dengan berbagai atraksi unik, mulai dari bermain, bernyanyi, hingga menari dan melompat-lompat dengan menggunakan egrang. Anggota kelompok adalah anak-anak yang berusia sekolah dasar hingga sekolah menengah. Beberapa kali menghadirkan juri dari mancanegara sekaligus sebagai tamu kehormatan pada acara ini

JEMBER FASHION CARNAVAL

Waktu : 24 – 28 Agustus 2016
Tempat : Alun – alun Jember s/d Gedung GOR PKPSO

Jember FC merupakan event fashion yang melambangkan kreativitas anak muda di Kabupaten Jember. Ide ini digagas pertama kali oleh Dynand Fariz, seorang desainer fashion kelahiran Jember. Semenjak tahun 2011 JFC yang kini telah berusia lebih dari satu dekade telah berkembang menjadi event bertaraf internasional. Keunikan JFC yang menjadikannya mendunia adalah pesertanya berasal dari berbagai kelompok masyarakat seperti : pelajar, mahasiswa bahkan ibu rumah tangga dan para peserta tersebut mendesain baju rancangannya sendiri sesuai dengan tema yang ditentukan dan catwalk nya adalah jalan raya sepanjang 3,6 km.

Selengkapnya

TUBAN

SIRAMAN SENIMAN LANGEN TAYUB TUBAN

Waktu : 24 Agustus 2016
Tempat : Pemandian alam Bektiharjo, Semanding, Tuban

Merupakan kegiatan budaya dalam rangka melestarikan seni tradisi daerah Langen Tayub Tuban dalam bentuk ritual siraman yang diikuti seluruh pelaku seni Langen Tayub Tuban

Selengkapnya

KAB. MADIUN

FESTIVAL PARIWISATA DAN BUDAYA

Waktu : Agustus 2016
Tempat : Pusat pemerintahan Kabupaten Madiun di Kec. Mejayan

Pertama kali dilaksanakan pada Tahun 2014 sebagai tanda pindahnya pusat pemerintahan Kabupaten Madiun dari Madiun ke Kecamatan Mejayan. Pada tahun 2016 akan di laksanakan rangkaian Festival Pariwisata dan Budaya untuk memperingati dan napak tilas Boyong Kabupaten Madiun.

PAWAI BUDAYA JAWA TIMUR

Waktu : Agustus 2016
Tempat :

Pawai Budaya dan Seni Jawa Timur merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan tema Jatim Specta Night, yang diikuti oleh Kabupaten / Kota dengan menampilkan peristiwa historis maupun seni budaya di Jawa Timur.

Selengkapnya

LAMONGAN

HAUL SUNAN DRAJAD

Waktu : Agustus 2016
Lokasi : Makam Sunan Drajad

Merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memeringati wafatnya Sunan Drajad dalam bentuk kegiatan membaca ayat suci Al-Quran secara bergantian.

Selengkapnya

TRENGGALEK

FESTIVAL JARANAN TURANGGA YAKSA/FESTIVAL JARANAN TRENGGALEK TERBUKA TAHUN 2016

Waktu : Agustus 2016
Lokasi : di Alun-Alun Kabupaten Trenggalek

Festival Turangga Yaksa /Festival Jaranan Trenggalek terbuka adalah sebuah event sebagai wadah ekspresi, pembinaan yang bersifat edukatif, kompetitif dan akomodatif bagi para seniman jaranan khususnya dalam upaya aktualisasi jaranan tersebut untuk menjadi ikon Kabupaten Trenggalek . Festival turangga yaksa selalu dilaksanakan setiap tahun dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Trenggalek dan pada tahun 2015 adalah yang ke-20. Festival diikuti oleh tingkat sekolah dan masyarakat umum, meliputi semua jenis jaranan yang hidup dan berkembang di Indonesia, dan terbuka untuk masyarakat jaranan seluruh Indonesia

PROSESI HARI JADI TRENGGALEK

Waktu : 31 Agustus 2016
Lokasi : di Alun-Alun Kabupaten Trenggalek

Berdasarkan Prasasti Kamulan, berdirinya Kabupaten Trenggalek pada tahun 1194 Masehi. Setiap tahun Hari Jadi Kabupaten Trenggalek diperingati oleh masyarakat Trenggalek dengan menyelenggarakan Upacara Adat di Pendapa Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek, yang didahului kirab/arak-arakan pusaka dengan memakai pakaian adat jawa, yang dimeriahkan dengan berbagai kesenian daerah dan permainan tradisional seperti panjat pinang dll. Malam harinya diadakan kegiatan pentas Wayang Kulit klasifikasi dalang nasional dan Pesta Kembang Api. Sehari sebelumnya diadakan Ziarah ke Makam para leluhur pendahulu Trenggalek, Tirakatan dengan macapat dan Tadarus Al Qur'an di Pendapa Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek. Kegiatan peringatan Hari Jadi selalu dirangkai dengan kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang diisi dengan berbagai kegiatan lomba seni budaya, pawai seni budaya dan pargelaran seni yang berlangsung kurang lebih 1 (satu) bulan.

UPACARA ADAT LARUNG SEMBONYO

Waktu : Agustus s/d September 2016
Lokasi : Pantai Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek

Upacara adat Larung Sembonyo di Pantai Prigi Kecamatan Watulimo digelar oleh para nelayan setempat tiap bulan selo, hari pasaran kliwon penanggalan jawa. Larung Sembonyo dikatakan juga sedekah laut yang merupakan ungkapan rasa syukur kepadaTuhan Yang Maha Esa dari masyarakat nelayan sekaligus sebagai peringatan pernikahan Raden Tumenggung Yudho Negoro, seorang kepala prajurit dari Mataram dengan putri GambaI putri Adipati Andong Biru di wilayah tengahan laut prigi yang konon berhasil membuka kawasan teluk Prigi sebagai wilayah pemukiman penduduk.

UPACARA ADAT LONGKANGAN KUPATAN

Waktu : Agustus s/d bulan September 2016
Lokasi : Pantai Blado, Pantai Sumbreng, Pantai Ngampiran dan Pantai Ngadipuro Kec. Munjungan Kab. Trenggalek

Asal mula tradisi hari raya ketupat di Kecamatan Durenan berasal dari kebiasaan seorang ulama setempat yang hidup pada abad 19. Saat itu setelah melaksanakan sholat Idul Fitri seperti tradisi pada umumnya masing-masing silaturahim antara warga Durenan. Lepas tanggal 1 Syawal mereka melaksanakan puasa sunah 6 hari pada awal bulan Syawal yaitu mulai tanggal 2 s/d 7 Syawal Usai melaksanakan puasa sunah tersebut pada hari ke-7 mereka mengadakan perayaan ketupat atau lazimnya disebut dengan Ba'da Ketupat atau Kupatan. Sebagai kelanjutan dari tradisi ini ternyata pelaksanaan nya dari tahun ke tahun semakin meriah dan spesial, hari itu disediakan hidangan ketupat bagi siapa saja yang datang silaturahim ke Durenan, dan sampai sekarang tradisi ini dikembangkan di beberapa kecamatan di Kabupaten Trenggalek.

Selengkapnya

TULUNGAGUNG

UPACARA ULUR-ULUR

Waktu : Agustus – September 2016 ( Selo )
Lokasi : Telaga Buret Desa Sawo Kecamatan Campur darat

Upacara Ulur-Ulur dilaksanakan setiap tahun tepatnya pada hari Jum’at Pon atau Jum’at Legi pada bulan Selo penanggalan Jawa, yang bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa karena di musim kemarau panjang, air telaga Buret tak pernah surut dan bisa terus mengairi sawah dan ladang warga di empat desa, sehingga tidak terjadi paceklik walaupun musim kemarau panjang. Telaga Buret teletak di kawasan seluas 37 Ha, dipercaya oleh Masyarakat empat desa (Desa Gamping, Ngentrong, Gedangan, dan Sawo) Kecamatan Campurdarat sebagai tempat yang keramat. Menurut kepercayaan masyarakat siapapun yang mengusik wilayah tersebut, misalnya mengambil ikannya, atau menebang pohon di sekitarnya maka akan memperoleh kutukan dari penunggu wilayah tersebut. Selain upacara adat juga diisi dengan berbagai pertunjukan budaya oleh warga, diantaranya kesenian Jaranan, Reog Tulungagung dan drum band.

UPACARA LABUH LAUT PANTAI SINE

Waktu : Agustus – September 2016 ( Selo )
Lokasi : Pantai Sine Kecamatan Kalidawir

Para nelayan yang berada di Pantai Sine, Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Tulungagung (ujung Selatan Tulungagung), menggelar upacara adat labuh laut yang digelar pada bulan Selo setiap tahunnya, sebagai bentuk rasa syukur para nelayan Sine kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena setiap tahun diberi hasil panen ikan yang berlimpah. Acara Labuh Laut dimulai dengan selamatan bersama di balai pertemuan yang dipimpin oleh tetua adat , setelah selamatan baru kegiatan larung sesaji labuh laut berupa pembuangan boneka Harip-Harip. Boneka Harp Harip adalah ditandai dengan penyebaran berbagai boneka ikan oleh para nelayan di sepanjang bibir pantai Sine. Boneka Harip-Harip adalah boneka ikan dari bahan dasar tepung, yang dibuat oleh para nelayan lelaki muda yang masih belum menikah (bujangan) selama semalam dan sebelum membuat boneka mereka diharuskan menyucikan diri. Labuh laut diiringi dengan kesenian tradisional kuda lumping, setelah itu acara dilanjutkan dengan pentas wayang krucil dengan lakon tidak berubah dari tahun sebelumnya yaitu Mina Ayapanpara.

Selengkapnya

NGANJUK

KEGIATAN WAYANG PURWO PERIODIK

Waktu : Agustus 2016
Tempat : 10 Kecamatan di Kab. Nganjuk

Merupakan pertunjukan Wayang Purwo secara periodic yang dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan budaya adiluhung serta meningkatkan kualitas seiring perkembangan jaman.

Selengkapnya

KOTA PROBOLINGGO

SPKP (SEMARAK PAGI KOTA PROBOLINGGO)

Waktu : Sekali setiap bulan
Lokasi : Kota Probolinggo

Semarak Pagi Kota Probolinggo merupakan kegiatan bazar jalanan yang digelar oleh Pemerintah Kota Probolinggo pada setiap bulannya. Berbagai jenis produk unggulan turut dipamerkan dalam kegiatan yang digelar dari jam 05.30-11.00 WIB. Kegiatan ini berorientasi menggali potensi ekonomi kemasyarakatan digelar melalui peran aktif SKPD dan pihak swasta dalam pemberdayaan masyarakat.

SEMIPRO (SEMINGGU DI KOTA PROBOLINGGO)

Waktu : Agustus s/d September
Lokasi : Alun-alun Kota Probolinggo

SEMIPRO merupakan event wisata tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kota Probolinggo, dengan menampilkan sebanyak 40 jenis kegiatan yang digelar dalam waktu 1 minggu, yang meliputi seni budaya, hiburan, pameran, perlombaan dan kulin

KARAPAN SAPI BRUJUL

Waktu : Agustus s/d September
Lokasi : Lapangan Curah Grinting dan Laweyan Kota Probolingg

Karapan sapi brujul merupakan salah satu bentuk seni tradisi dan sekaligus sebagai seni pertunjukan khas masyarakat Kota Probolinggo. Kegiatan tersebut juga menjadi agenda rutin dalam menyambut wisatawan kapal pesiar.

KARAPAN SAPI MERAH

Waktu : Agustus s/d September
Lokasi : Jl. Progo, Triwung Kidul Kota Probolinggo

Karapan sapi merah juga menjadi salah satu daya tarik wisata di Kota Probolinggo, yaitu pada saat penyelenggaraan kegiatan even SEMIPRO. Karapan sapi merah yang berasal dari Pulau Madura ini, juga menjadi agenda yang sangat diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun jenis sapi karapan yang diikutsertakan dalam kegiatan SEMIPRO yaitu jenis sapi berukuran kecil dan sedang.

KARAPAN KAMBING

Waktu : Agustus s/d September
Lokasi : Jl. Progo, Triwung

Karapan kambing menjadi salah satu ikon wisata di Kota Probolinggo, dengan tampilan secara rutin yang diselenggarakan di Kota Probolinggo dan daerah-daerah lain. Karapan kambing sangat unik yaitu sepasang kambing yang dilepas bersamaan dan diikuti oleh seorang pengerap kambing dengan cara berlari dibelakangnya.

PAMERAN PRODUK UNGGULAN DAN UKM

Waktu : Agustus s/d September
Lokasi : Alun-alun Kota Probolinggo

Pameran produk unggulan dan UKM juga menjadi agenda tetap pada gelaran SEMIPRO di Kota Probolinggo. Kegiatan pameran yang meliputi ratusan peserta, menampilkan berbagai jenis produk unggulan dan khas dari Kota Probolinggo dan daerah-daerah lain. Kegiatan pameran menjadi sangat menarik, mengingat produk-produk yang ditawarkan sangat murah dan berkualitas.

PAWAI BUDAYA

Waktu : Agustus s/d September
Lokasi : Kantor Walikota Probolinggo

Daya tarik Kota Probolinggo salah satunya terletak pada potensi seni budaya. Eksistensi keberadaan berbagai etnis di Kota Probolinggo sangat mempengaruhi perkembangan kultur budaya yang sangat khas dan unik. Kota Probolinggo dengan masyarakat Pendalungan, menjadi aset dalam peningkatan budaya daerah melalui Pawai Budaya. Pawai budaya biasanya diselenggarakan pada saat event SEMIPRO.

GEBYAR KULINER KHAS KOTA PROBOLINGGO

Waktu : Agustus s/d September
Lokasi : Alun-alun Kota Probolinggo

Sebagai kota dengan posisi yang sangat strategis, Kota Probolinggo memiliki daya tarik kuliner yang fantastis, dengan sebaran masyarakat dari berbagai daerah dan etnis (kuliner etnis Arab, kuliner etnis Pendalungan dan kuliner Etnis Tionghoa) menghasilkan sumbangsih kekayaan kuliner. Kegiatan Gebyar Kuliner Khas Kota Probolinggo biasanya digelar pada event SEMIPRO

Selengkapnya

KAB. PROBOLINGGO

Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU)

Waktu : Agustus 2016

Merupakan ajang unjuk gelar akbar atraksi pergelaran kesenian daerah yang dikemas dalam bentuk pawai seni budaya dan pameran potensi masing-masing Kab/Kota yang berada di pesisir wilayah Utara, sebagai upaya untuk meningkatkan kreatifitas dan kualitas sumber daya manusia khususnya pelaku seni, kreator dan generasi muda serta masyarakat

JAMBORE SEPEDA GUNUNG

Waktu : Agustus 2016
Lokasi : Lumbang, Sukapura

Adalah sebuah event bersepeda yang diikuti oleh klub olahraga bersepeda se Jawa Timur melalui daya tarik wisata di Kabupaten Probolinggo

FESTIVAL LAYANG-LAYANG

Waktu : Agustus 2016

Adalah sebuah event yang menampilkan bermacam macam kreasi layang-layang di Kabupaten Probolinggo yang dilaksanakan di salah satu daya tarik wisata.

Selengkapnya
Booking Hotel
Powered by :
Tautan