Gereja Katolik Kepanjen

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan dari Maria adalah gereja tertua di Surabaya, dan menjadi terkenal dengan nama dari gereja Katolik Kepanjen karena terletak di Jalan Kepanjen, Surabaya, bersebelahan SMP Katolik Frateran.

Sebelum gereka Katolik ini dibangun, ada sebuah gereja Katolik pertama dengan gaya Eropa dan terletak di sudut jalan Kepanjen dan Kebonrojo.

Pada awalnya, dua imam yang menjadi gembala saat itu, yaitu Hendricus Waanders dan Phillipus Wedding, pada tanggal 12 Juli 1810 datang ke Surabaya dari Belanda menggunakan kapal. Pastor Wedding di tugaskan di Batavia, sedangkan Bapa Waanders menetap di Surabaya.

Pastor Waanders sering memberikan pelayanan bagi umat Katolik di gereja Surabaya. Dan tambah hari, jemaat di gereja tersebut makin meningkat. Karenanya, beliau berencana untuk membangun sebuah gereja baru.

Baru di tahun 1822, gereja baru telah terbangun yang pada waktu itu terletak di sudut Roomsche Kerkstraat / komedi Weg (Kepanjen / Kebonrojo).

Namun, untuk sekarang ini gereja Katolik ini telah pindah ke tempat baru di utara, tepatnya di jalan Kepanjen, Krembangan Selatan, Surabaya Utara. Hal ini karena gereja yang sebelumnya telah rusak.

Photo Gallery
Latest News





Hotel Deals of the Day
Interesting Links