Pelabuhan Tanjung Tembaga


Tempat pelelangan ikan dan pasar ikan adalah salah satu tempat favorit yang harus dikunjungi di kota Probolinggo. Pelelangan yaitu suatu kegiatan pertemuan antara penjual & pembeli dalam satu tempat. Letaknya di sebelah utara sisi kota Probolinggo, atau biasa disebut Pelabuhan Probolinggo.

Kota Probolinggo memiliki dua pelabuhan. Pelabuhuan yang pertama Pelabuhan Tanjung Tembaga adalah pelabuhan yang bersejarah, karena dahulu pada zaman penjajahan Jepang pelabuhan ini sebagai tempat pendaratan tentara Jepang dan bongkar muat keperluan penjajahan.

Pada perkembangannya Pelabuhan Tanjung Tembaga mengalami perubahan menjadi pelabuhan ikan, bongkar muat kapal-kapal besar, pelabuhan antar pulau serta pelabuhan transit bagi kapal-kapal dari daerah lain.

Pelabuhan Tanjung Tembaga merupakan pusat pasar ikan yang menawarkan pemandangan laut tenang disekitarnya. Tempat pelelangan ikan selalu ramai dikunjungi pengunjung dan pembeli disiang hari, ketika nelayan telah kembali dari memancing. Sekitar jam 1 siang, proses pelelangan dimulai. Ikan-ikan segar dapat anda beli melalui proses penawaran. Anda akan mendapatkan harga ikan yang murah, jika para nelayan membawa hasil tangkapan yang berlimpah. Disisi lain, anda dapat ikut berpartisipasi dalam aktifitas pemancingan disekitar pelabuhan atau menyewa kapal untuk mendapatkan hasil ikan yang lebih banyak. Anda juga dapat menikmati pemandangan laut dan Pulau Gili. Di pesisir, terdapat pasar ikan yang terletak dibelakang tempat pelelangan ikan. Pasar tersebut menjual ikan segar. Anda dapat membeli dengan harga relatif murah dengan menawar terlebih dahulu.

Masyarakat kota Probolinggo sering berwisata ke Pelabuhan Tanjung Tembaga dan Pelelangan Ikan. Juga pemandangan dan suasana yang disajikan cukup bagus. Tarif masuk hanya dikenakan terhadap kendaraan bermotor. Berada di pusat kota Probolinggo, menjadikan Pelabuhan Tanjung tembaga sebagai destinasi favorit bagi masyarakat Probolinggo.

Latest News





Hotel Deals of the Day
Interesting Links