Monumen Kresek


Monumen Kresek, adalah monumen bersejarah yang dibangun untuk mengenang satu peristiwa bersejarah di Madiun, yang berkaitan dengan keganasan PKI di tahun 1948. Terletak 8 Km ke arah timur kota Madiun, dengan luas total 2 hektar, monumen ini terdiri dari sebuah monumen dan relief di sekitar dindingnya.

Layaknya tugu peringatan, di monument ini terdapat batu prasasti yang mengukir nama-nama prajurit TNI dan aparat desa yang gugur dalam pertempuran melawan PKI di desa Kresek.

Menurut warga setempat di area monumen kresek yang sekarang, adalah bekas rumah warga yang dijadikan PKI sebagai ajang pembantaian, warga sekitar dikurung di dalam rumah tersebut lalu rumah tersebut tersebut dibakar bersama warga yang ada di dalamnya.

Saat ini, area wisata di sekitar monumen yang sejuk dan rindang ini sering dikunjungi sebagai tempat berpiknik dan berteduh.

Photo Gallery
Latest News

The Historical City Of Madiun

Madiun Madiun regency, is the western town on East Java before entering Central Java. Madiun is surrounded by famous mountains like Wilis Mountain to the East, Kapur Selatan range to the south and Lawu mountain to the West. Madiun also noted as a significant city from the Indonesian History because there of the uprising of Communist Party of Indonesia [G 30 S PKI] which was had thousands of death. At early begin, Madiun was under the territory of Sultanate of Mataram. On Madiun history, noted that Madiun was a strategic…





Hotel Deals of the Day
Interesting Links