Hotel Deals of the Day
Powered by :

Makam Sunan Prapen

Gresik

Sunan Prapen, selain beliau seorang Sunan yang ikut menyebarkan agama Islam di Gresik, beliau juga dikenal sebagai Mpu atau seorang pembuat keris. Karya di bidang pembuatan kerisnya yang terkenal adalah keris Angun-angun.

Sunan Prapen merupakan penerus keempat dari Sunan Giri dari tahun 1548-1605, yang juga merupakan seorang pujangga besar di masanya. Beliaulah yang menggubah kitab Asrar dan kemudian digunakan sebagai dasar menyusun Jongko Joyoboyo.

Sebagai tokoh yang berpengaruh, Sunan Prapen disebut-sebut sebagai paus Islam dari VOC, karena beliau selalu memberikan berkah kepada raja-raja yang baru dinobatkan, yaitu raja Demak dan Pajang. Sunan Prapen juga memiliki pengaruh yang besar sampai ke Kalimantan, Sulawesi dan Lombok.

Sunan Prapen meninggal pada tahn 1605 M, dan makamnya terletak di desa Klangoan, kecamatan Kebonmas, yaitu sekitar 400 m di sebelah barat makam Sunan Giri. Makam tersebut juga masih dalam satu kawasan dengan Panembahan Kawis Guwo, yang merupakan Putra Sunan Prapen; dan Panembahan Agung, yaitu cucu Sunan Prapen. Makam Sunan Prapen banyak dikunjungi oleh peziarah yang ingin memanjatkan doa dan berzikir

Galeri Foto

Wisata Alam

Wisata Ziarah