Hotel Deals of the Day
Powered by :

Makam Maulana Malik Ibrahim

Gresik

Maulana Malik Ibrahir berasal dari negeri Campa, Kamboja dan lahir dari garis keturunan penyebar agama Islam, dan juga tokoh penting bagi perkembangan agama Islam di Nusantara. Pada abad ke 13 atau 801 H, atas perintah ayahnya Maulana Malik Ibrahim ditugaskan untuk dakwah menuju Asia Tenggara.

Dengan misi menyebarkan agama dan membawa barang-barang dagangan sebagai perkenalan, beliau akhirnya sampai di pelabuhan Gresik, yang merupakan pelabuhan terbesar se Asia Tenggara waktu itu dan juga salah satu Bandar Kerajaan Majapahit.

Setelah sampai di Gresik, Maulana Malik Ibrahim berdakwah di desa Leran, sekitar tahun 1392 M. Lalu, Syeh Maulana Malik Ibrahim wafat tahun 1419. Makamnya kini terdapat di desa Gapura, Gresik. Di makamnya tertulis sebuah inskripsi dalam bahasa Arab, yang berbunyi:

"Ini adalah makam almarhum seorang yang dapat diharapkan mendapat pengampunan Allah dan yang mengharapkan kepada rahmat Tuhannya Yang Maha Luhur, guru para pangeran dan sebagai tongkat sekalian para Sultan dan Wazir, siraman bagi kaum fakir dan miskin. Yang berbahagia dan syahid penguasa dan urusan agama: Malik Ibrahim yang terkenal dengan kebaikannya. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan ridha-Nya dan semoga menempatkannya di surga. Ia wafat pada hari Senin 12 Rabi'ul Awwal 822 Hijriah."

Galeri Foto

Wisata Alam

Wisata Ziarah