Hotel Deals of the Day


Pelabuhan Gresik

Gresik

Sebagai daerah industri yang memiliki beberapa segmen di setiap wilayah, Gresik memfokuskan pelabuhannya dalam 3 kategori yang sesuai dengan rute kegiatan dari masing-masing kepentingan.

Pelabuhan Utama Gresik, adalah pelabuhan yang utama untuk arus barang dan penumpang, baik yang masuk ataupun yang keluar. Kedua, Pelabuhan Nelayan Gresik, merupakan pelabuhan utama khusus bagi nelayan yang akan pergi melaut. Sedangkan, Pelabuhan Gresik merupakan pelabuhan yang hanya khusus digunakan untuk kepentingan industri tertentu seperti Petrokimia, Plywood dan Semen.

Menengok dari sejarahnya, Pelabuhan Gresik terbentuk sekitar abad ke 16 dimana saat itu kehadiran pelabuhan Gresik menggeser pelabuhan Tuban yang lebih dulu ada.

Walaupun sempat terdapat kemunduran, namun sampai awal abad ke-17 pelabuhan Gresik berperan sebagai pelabuhan besar dan utama diantara pelabuhan-pelabuhan lain disekitarnya. Terbukti dengan adanya aktifitas produksi kapal yang bermuatan 10 sampai 100 ton dan digunakan untuk berlayar ke Maluku dan sekitarnya. Selain itu juga disediakan fasilitas untuk kapal dari luar yang membutuhkan perbaikan. Pelayaran menuju pulau rempah-rempah (Maluku) masih menjadi prioritas utama saat itu.

Wisata Alam

Wisata Ziarah