Puncak Gunung Lawu


Gunung Lawu adalah sebuah gunung yang sedang "beristirahat" dengan status sedang tidak aktif, dan sudah berlangsung lama.

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah, dimana ini adalah puncak tertinggi dari 2 puncak sebelumnya. Dari lereng gunung Lawu, bisa didapati obyek wisata yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan seperti, Tawangmangu, Cemorosewu dan Sarangan. Selain pegunungan, di sekitar lereng gunung juga terdapat situs candi peninggalan Majapahit seperti, Candi Sukuh dan Candi Cetho. Sedangkan di kaki gunung, terdapat komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunegaran, yaitu Astana Girilayu dan Astana Mangadeg, dimana juga dekat dengan Astana Giribangun oleh keluarga mantan presiden Soeharto.

Untuk para pengujung yang ingin mencapai puncak gunung Lawu, akan lebih baik datang pada bulan-bulan Agustus-September karena diluar bulan itu, disekitar puncak akan dipenuhi kabut dan sulit untuk melihat pemandangan di sekitar gunung.

Dari puncak lawu, pengunjung bisa melihat semua puncak gunung di Jawa Tengah dan juga gunung di Jawa Timur terutama gunung Semeru. Puncak Hargo Dumillah di gunung Lawu memiliki ketinggian 3.245 m dpl terdapat tugu yang biasa dijadikan tempat berfoto para pendaki.

Sedangkan puncak Hargo Dalem terdapat beberapa pondok yang biasa dijadikan tempat berlindung bagi para petapa dan peziarah. Selain itu, di sekitar puncak banyak sekali tempat-tempat yang dianggap keramat, seperti Goa Jalatunda, Sendang Drajat dan Batu Cokro Suryo peninggalan Kerajaan Majapahit.

Photo Gallery
Latest News





Hotel Deals of the Day
Interesting Links