Ombak Berlapis di Pantai Bambang


Sebuah resor tepi laut di pantai samudra Indonesia bernama Pantai Bambang yang terletak di desa Bago, Kabupaten Pasirian, sekitar 24 km dari pusat kota Lumajang bisa ditempuh dengan mobil atau motor dengan akses jalan beraspal. Ini adalah pantai dengan ombak besar dan diyakini berada di posisi Nyi Roro Kidul, legenda Ratu Laut Selatan.

Pantai bambang merupakan tipe pantai yang berpasir. Pasir ini juga berfungsi untuk menampung air hujan sehingga meskipun disana dekat laut tetapi banyak terdapat air tawar. Sepanjang pinggir pantai terhampar butiran pasir hitam menghampar luas. Pasir yang ada disini merupakan pasir dari gunung Semeruyang mengalir mengikuti aliran lava atau sungai, dengan ciri-ciri pasirnya hitam dan berkadar besi tinggi. Sedangkan disisi sebelah barat berjajar deretan pegunungan menambah keindahan panorama pantai. Dengan potensi wisata pantai Bambang yang ada, diharapkan bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi. Peningkatan fasilitas meski sudah ada perlu terus dilakukan, supaya pengunjung lebih nyaman.

Keamanan di Pantai Bambang cukup terjamin karena pada saat hari-hari besar pemerintah memperketat keamanan untuk meminimalisir tindak kejahatan maupun menjaga keamanan pengunjung di pantai, pemerintah bekerja sama dengan masyarakat sekitar membentuk tim keamanan yang beranggotakan dari anggota Polsek Pasirian, anggota Koramil Pasirian, anggota Polres Lumajang, dan juga tim SAR. Dengan demikian keamanan di Pantai Bambang cukup terjamin sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman saat liburan di sana.

Pantai Bambang disamping terkenal dengan ombaknya yang besar, juga terkenal sebagai penghasil Batu Hias berbentuk bulat atau lonjong dengan berbagai ukuran, karakteristik dan keunikan yang terbentuk secara alami dari sedimen muara sungai yang terdapat di pesisir pantai. Batu-batu hias ini memiliki karakteristik bermacam-macam. Ada yang bertekstur kasar (berpori) ada yang halus. Ada yang berwarna hitam (abu-abu) adapula yang merah bahkan putih kebiruan. Dari segi ukuran juga bermacam-macam, mulai ukuran 1 cm hingga 10 cm. Dari segi bentuk ada yang bulat, lonjong dan pipih.

Untuk harga sangat bervariasi tergantung dari kondisi alam karena terkadang di waktu-waktu tertentu (ombak pasang) sangat sulit untuk mendapatkan sesuai kebutuhan. Tetapi biasanya untuk warna selain hitam agak lebih mahal karena jumlahnya yang terbatas.

Batu-batu hias alami ini biasanya dipakai untuk keperluan hiasan rumah, pertamanan, pedestrian, kolam, dan lain sebagainya. Dengan sentuhan seni yang baik bahkan menjadi sangat layak dan enak dipandang. Untuk sementara pengelolaan batu hias alami ini belum dilakukan secara baik, hanya personal atau perorangan yang tentunya tanpa berbekal manajemen yang baik pula. Padahal kebutuhan pesanan juga sudah mulai banyak dan terus mengalir bahkan dari luar kota dan luar propinsi.

Wisata Pantai Bambang, Lumajang, Jawa Timur, bisa menjadi salah satu destinasi wisata ketika anda berkunjung ke Lumajang.

Latest News

Mahameru, The Highest Mountain In Java Land

Semeru Mountain Semeru Mountain, most people recognize as just Semeru, is a volcano mountain that settled in East Java, precisely in Lumajang regency. Semeru in the highest mountain in Java which has 3.676 meter above sea level and it also known as the Mahameru or Great Mountain. The name Semeru was derived from Hindu-Buddhist mythical mountain of Meru or Semeru, the abode of gods. The summit crater in Semeru is called Jonggring Saloka. In 1913 and 1946 the Jonggring Saloka Crater had dome with a height of 3744.8 M until…


The Humble Tengger People

Tengger People Tenggerese or Tengger People is one of Indonesian tribes that live around Bromo Mountain which located around Pasuruan, Lumajang, Probolinggo and Malang Regency. The Tenggerese are the descendants of the Majapahit Princes. Their population is about 600.000 inhabitants within thirty villages. Tenggerese are being known as obedient Hindu followers. For them, Bromo Mountain is sacred. In once in a year they held ceremony of Kasada or Yadnya Kasada as a thanks giving to the Lord. This ceremony is always held in midnite in full moon time around date…


The Marvelous Lumajang

Lumajang Lumajang regency is one of East Java regencies with the capital of the same name. This regency have borders with Probolinggo regency in North, Jember regency in East, Indian Ocean in South and Malang regency in West. Lumajang is one of the ancient cities in Java which still exist up to this day, the name of Lumajang came up by the name of Lamajang, regarding some evidence that found which is the inscriptions, ancient books, and something related. One of the influential inscription that mentioned about Lumajang history was…



Hotel Deals of the Day
Interesting Links