Makanan Tradisional

Sidoarjo memiliki beberapa rupa makanan khas yang selalu dicari oleh banyak orang. Beberapa makanan tersebut sudah banyak beredar di luar kota Sidoarjo, dan akan selalu ada di Sidoarjo sendiri.

Lontong Kupang
Sidoarjo Kupang adalah hewan kecil yang masuk dalam kelas tiram. Makanan olahan kupang ini sangat populer di Sidoarjo dan daerah yang dekat pantai seperti Kenjeran, Surabaya.

Kupang Lontong, biasa orang menyebutnya. Sajian ini merupakan sajian yang wajib dimakan selagi panas, dengan komposisi bahan berupa irisan lontong, kupang, dan lento. Lento adalah gorengan yang menyerupai perkedel dan terbuat dari singkong yang kering dan menambah tekstur tersendiri saat memakan kupang yang legit gurih. Semua komposisi bahan tadi di siram dengan kuah dari kupang dengan bumbu petis dan bawang putih. Akan lebih nikmat bila menggunakan petis pedas yang dicampur cabe rawit yang dihaluskan.

Menyantap kupang lontong ini akan lebih sempurna bila ditemani dengan segelas es kelapa muda, karena padu padannya selalu menggunakan minuman khas tropis ini dalam setiap penyajiannya.

Telur Asin
Sidoarjo Industri telur asin ini berpusat di desa Kebonsari, kecamatan Candi, Sidoarjo. Di tempat ini pula dikembangbiakkan peternakan bebek yang akan menghasilkan telur asin. Industri ini telah dikembangkan sejak tahun 1992, dan sekarang telah terdapat lebih dari 30 industri yang memiliki usaha serupa.
 

Bandeng Asap
Sidoarjo Bandeng Asap, adalah salah satu makanan yang akan selalu ada di setiap toko oleh - oleh di Sidoarjo. Sesuai dengan namanya, bandeng, yang adalah komoditas utama produk perikanan di Sidoarjo ini di matangkan dengan proses pengasapan.

Setelah siap di jual, bandeng akan dijual di dalam box khusus dengan saus pendamping saat ini siap di santap. Produk oleh-oleh bandeng asap ini sama lakunya dengan beberapa produk yang lain seperti petis udang, terasi udang, dan kerupuk ikan atau udang. Semuanya adalah produk Sidoarjo yang tak boleh untuk dilewatkan saat datang ke Kota Delta ini.

Latest News

What’s On Tanggulangin?

Tanggulangin Leather Industry Tanggulangin leather industry, is an industrial for bags, luggage and products related and become an icon for Tanggulangin district. This industrial was begin in 1939, when some craftsmen started making bags and suitcase stuffs. And in 1976 … Continue reading


Tanggulangin Leather Industry

Tanggulangin Leather Industry Tanggulangin leather industry, is an industrial for bags, luggage and products related and become an icon for Tanggulangin district. This industrial was begin in 1939, when some craftsmen started making bags and suitcase stuffs. And in 1976 … Continue reading


While On Delta Fishing Sidoarjo…

Delta Fishing Sidoarjo Delta fishing is the appropriate place to be the venue of birthday party, reunion, gathering, garden party, games, meeting or out bound and some occasions. Delta Fishing have some facilities to complete the enjoyment like free wi-fi … Continue reading


Mushroom Cultivation

Mushroom Cultivation Oyster mushroom business is promising. Beside the raw mushrooms and the seeds, mushrooms processed food sales are also promising. Mushroom is known for it delicious and can be processed into various dishes. At first glance, the meat tastes … Continue reading


Hotel Deals of the Day
Interesting Links