Hotel Deals of the Day
Powered by :

Museum Mpu Tantular

Sidoarjo

Museum Mpu Tantular terletak di desa Sidokerto, kecamatan Buduran, Sidoarjo. Museum ini didirikan oleh seorang Belanda yang merupakan pendiri dari Museum di Jawa Timur, Von Vaber. Museum Mpu Tantular merupakan kelajutan dari adanya Perkumpulan Museum Sejarah Kota atau Stedelijk Historisch Museum, pada 6 Mei 1933. Museum perintis ini dimulai dengan memperlihatkan semua koleksi pribadi Von Vaber.

Pada 20 Oktober 1934, Museum Jawa Timur ini dibuka dan Von Vaber menjadi ketuanya. Lalu pada tahun 1949 dua museum itu digabung menjadi Universeel Cultureel Centrum voor Volksontwikkeling atau Yayasan Pusat Pendidikan Umum untuk Kebudayaan, di Surabaya. Warga menyebut museum ini dengan nama Museum Von Vaber. Lokasinya saat itu berada di Jl Simpang 3 Surabaya, yang sekarang kompleks SMA Trimurti.

Dengan berjalannya waktu, Museum Von Vaber kemudian bermetamorfosis menjadi Museum Mpu Tantular. Lokasinya mula-mula berada di Jalan Pemuda 3 Surabaya, dan pada 12 Agustus 1977 pindah ke Taman Mayangkara 6 Surabaya. Karena koleksi makin banyak, sementara kapasitas terbatas, Pemerintah Jawa Timur mendirikan museum yang lebih luas di kawasan Buduran, Sidoarjo.

Obyek Wisata