Produk Kerajinan Bondowoso


Selain Kuningan, Bondowoso memiliki produk kerajinan unggulan yang berpotensi menjadi komoditas ekspor. Diantaranya adalah:

Industri Bordir
Industri bordir Bondowoso begitu unik dan memiliki style yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia.

Peralatan Besi
Kerajinan ini adalah spesialis penghasil peralatan yang terbuat dari besi dan biasa digunakan sebagai keperluan rumah tangga atau pertukangan, seperti: pisau, golok, pedang, trisula dll.
Kerajinan ini berpusat di desa Pucang Anom, kecamatan Tamanan dan semua produknya telah dieksport ke berbagai tempat di seluruh Indonesia.

Kerajinan Sangkar Burung
Kerajinan Sangkar Burung ini terletak di desa Mengen, kecamatan Tamanan. Dengan masih menggunakan cara tradisional, pabrik pembuatan sangkar burung ini bisa menghasilkan berbagai bentuk sangkar burung yang unik dan lain dari biasanya.

Batik Tulis Bondowoso
Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khusu dalam design batik tulisnya, begitupun Bondowoso.
Kerajinan batik tulis Bondowoso terletak di desa Sumbersari, kecamatan Maesan, 13 Km dari kota Bondowoso. Batik tulis yang terkenal dari Bondowoso ini terkanal dengan batik Cassava dan telah menjadi batik turun temurun dari Bondowoso.

Kerajinan Kelompen
Kelompen adalah sejenis sandal dari kayu. Kelompen banyak di gunakan pada masa lampau dengan bentuk yang sederhana dan tidak terlalu banyak model yang bisa di pilih, selain itu hanya wanita pada umur tertentu saja yang mau memakainya.
Sekarang, Bondowoso telah memberikan warna dan model baru dari sandal keras ini menjadi lebih trendy dan bisa dipakai oleh semua umur. Kerajinan ini terletak di desa Jambe Anom, kecamatan Tamanan, sekitar 15 Km dari kota Bondowoso.

Industri Cambuk
Industri ini terletak di desar Suger Lor, kecamatan Maesan. Seperti diketahui, bahwa cambuk atau pecut banyak dibutuhkan oleh para petani untuk membajak sawa, atau untuk menggembalakan kambing dan sapi, maka pemesan terbanyak untuk industri ini datang dari mereka yang membutuhkan sebagai sarana untuk ternak mereka.

Kerajinan Manik-Manik
Industri ini berpusat di kecamatan Cerme, sekitar 32 Km dari Kota Bondowoso. Dari industri ini bisa dihasilkan beberapa kalung, cincing, ikat pinggang cantik dan masih banyak lagi.

Kerajinan Kulit
Pusat kerajinan ini berada di Kecamatan Pujer, 12 Km dari Kota Bondowoso. Beberapa produk seperti jaket, tas, koper, ikat pinggang, dompet kulit dan lainnya di hasilkan di sini.

Kerajinan Perak
Kerajinan ini terletak di desa Jati Tambang, kecamatan Wringin. Produk yang dihasilkan antara lain kalung, gelang, anting dan produk perhiasan lain. Kerajinan ini telah berhasil menembus pasar di Jerman, Belanda dan Amerika.

Kerajinan Ketabung
Satu lagi yang unik dari Bondowoso adalah kerajina Ketabung, yaitu kerajinan yang terbuat dari daun kelapa. Beberapa produk furniture banyak di hasilkan dari daun kelapa ini dan berpusat di desa Karang Melok, kecamatan Tamanan.

Latest News

Excellent Bondowoso

Bondowoso Bondowoso is other regency in East Java. Located in the Eastern part on Java Island. Bondowoso is divided into three regions: western region is mountainous which is part of the Mountains Iyang, the middle part is about plateau and undulating, while the eastern part is mountains (part of the Ijen Plateau). Bondowoso is the only district in the horseshoe area which has no coastline. The local inhabitant that live in Bondowoso is about Javanese people, but Bondowoso has affected by various culture that live before Dutch colonialism, which is…





Hotel Deals of the Day
Interesting Links