Ritual Dan Tradisi Kota Blitar

Grebeg Pancasila

Grebeg Pancasila adalah suatu upacara hari lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni yang didesain sebagai peristiwa budaya. Upacara ini berbeda dengan upacara lainnya. Ritus upacara ini berisi 3 (tiga) mata acara pokok yaitu:

  1. Upacara Budaya
  2. Kirap Gunungan Limo
  3. Kenduri

Upacara ini selalu diadakan sekali dalam setahun di kabupaten Blitar. Hal ini ditujukan untuk mengenang proses pembuatan Pancasila yang menjadi landasan hukum Indonesia. Upacara ini juga diikuti oleh semua masyarakat Blitar dan sering dihadiri oleh pejabat-pejabat Indonesia.

Gong Kyai Pradah (Upacara Pencucian Pusaka)

Blitar

Upacara tradisional Blitar yang lain yang selalu diadakan adalah upacara pencucian pusaka yaitu Gong Kyai Pradah. Upacara tradisional ini diikuti oleh hampir seluruh masyarakat Blitar. Upacara pencucian Gong Kyai Pradah adalah upacara tradisional yang dilaksanakan secara turun temurun dari generasi ke generasi di oleh masyarakat di wilayah Blitar. Selain itu, hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan budaya tradisional. Hal ini juga dimaksudkan untuk memberi berkah bagi siapa saja yang membawa atau dimandikan dengan air yang digunakan untuk pencucian Gong, yang merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa.

Latest News

The Historical of Blitar

Blitar Blitar is one of East Java Regencies, having the capital with the same name. Blitar is located near to Kediri Regency in the North, Malang Regency in the East, Hindia Ocean in the South and Tulungagung Regency in the West. Blitar, in both city and district, is located at the foot of Mount Kelud, East Java. Blitar is always affected by lava that has erupted by Kelud mountain for almost dozens of times starting from the year 1331. Layers of volcanic soils, which are found in Blitar is the…





Hotel Deals of the Day
Interesting Links