Candi Plumbangan


Candi Plumbangan adalah sebuah candi yang terletak di Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Jika ditinjau dari bentuknya, bangunan bersejarah yang disebut sebagai Candi Plumbangan ini sebenarnya bukanlah sebuah candi. Bangunan ini lebih tepat disebut sebagai gapura gaya paduraksa, yaitu gapura dengan atap menyatu. Dirunut dari fungsinya, gapura paduraksa dapat berfungsi sebagai candi ruwatan serta dapat juga sebagai batas wilayah atau komplek bangunan tertentu.

Selain bangunan utama berupa gapura paduraksa, disekeliling Candi Plumbangan juga terdapat prasasti dan sekumpulan artefak lain seperti yoni, arca, dan jaladwara (unsur bangunan yang berfungsi untuk mengalirkan air).

Pintu gerbang ini terbuat dari batu andesit, dengan ukuran panjang 4.09 m, lebar 2,27 m dan tingginya 5,6 m. Pintu gerbang memiliki sayap pada kanan kirinya dan tidak mempunyai relief, namun hanya mempunyai pelipit garis saja. Pada bagian atas ambang pintu terdapat pahatan angka tahun 1312 Saka (1390 M). Candi Plumbangan diperkirakan dibangun pada era Kerajaan Majapahit pada awal pemerintahan Wikramawardana, sesuai dengan monogram yang bertuliskan 1312 Saka(1390 M) pada bagian ambang pintunya.

Photo Gallery
Latest News

The Historical of Blitar

Blitar Blitar is one of East Java Regencies, having the capital with the same name. Blitar is located near to Kediri Regency in the North, Malang Regency in the East, Hindia Ocean in the South and Tulungagung Regency in the West. Blitar, in both city and district, is located at the foot of Mount Kelud, East Java. Blitar is always affected by lava that has erupted by Kelud mountain for almost dozens of times starting from the year 1331. Layers of volcanic soils, which are found in Blitar is the…





Hotel Deals of the Day
Interesting Links