Air Terjun Blawan


Tidak jauh dari kawah Ijen air terjun Blawan ini juga banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Terletak di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, air terjun Blawan merupakan hilir dari kali pahit, yang merupakan rembesan dari Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang dan dikelilingi oleh tumbuhan makademia.

Yang menarik dari air terjun ini adalah muara alirannya yang langsung menuju ke dalam tanah seperti air terjun Niagara di Amerika dan pada akhirnya akan bermuara di daerah Asembagus Situbondo. Jalan menuju air terjun Blawan sangat menantang dengan jalan naik turun tangga di antara 2 tebing.

Dengan debit aliran yang sangat deras, suasana di sekitar air terjun Blawan terdengar sangan gemuruh, dengan beberapa rimbun tanaman hijau yang tumbuh dengan sangat baik dan subur. Terdapat juga sumber air panas yang mengandung belerang, yang masih terjaga dengan alami, dan biasa digunakan untuk berendam kaki oleh para pengunjung.

Saat sampai di lokasi air terjun, pengujung harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan tangga sekitar 5 menit dan bersambung dengan menuruni tangga dengan waktu yang sama. Berbeda dengan air terjun kebanyakan yang bisa dilihat dari arah depan, Air Terjun Blawan hanya bisa dilihat dari sisi samping kanan. Sedangkan dari sisi samping kiri dan bagian depan dibatasi oleh tebing tinggi.

Photo Gallery

Obyek wisata lainnya yang berada dalam satu area dan dekat dengan air terjun Blawan adalah:

1. Pemandian Damar Wulan

Terletak di sekitar air terjun Blawan, pemandian Damar Wulan, pada awalnya merupakan daerah petilasan, dimana terdapat sebuah bendungan yang dulunya merupakan tempat pemandian Damar Wulan. Pengunjung yang datang biasa membasuh muka di sana, karena aliran air yang masih segar dan bersih, serta dipercaya bisa membuat awet muda.

2. Sumber Air Panas Blawan

Masih disekitar Air Terjun Blawan, dimana sumber aliran airnya berasal dari Kawah Ijen yang masih mengandung belerang, sumber air panas yang akhirnya bermuara pun bisa menjadi obyek wisata tambahan saat kita berkunjung ke lokasi air terjun Blawan. Pengunjung yang menikmati suasana di Sumber air panas ini bisa memilih lokasi yang tidak terlalu panas untuk merendam kaki atau bahkan membasuh muka. Karena dipercaya air belerang pun bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Latest News

The Legendary Goa Kapur in Bondowoso

Kapur Cave Kapur cave is located near to Blawan waterfall in Kalianyar village, Bondowoso. Goa Kapur or Kapur cave is approximately located around 175 Km from Belawan hot spring. At the cave, the local people believe there is a clear … Continue reading


The Mist At Ijen Crater

Ijen Crater Ijen is the complex of volcanic area, which there is a crater of Ijen and its plateau, which has 2,600M and 8,660 M high. Ijen is located in three parts of regencies, which in Situbondo, Bondowoso, and Banyuwangi, … Continue reading


The History Of Singo Ulung Dance

Singo Ulung Dance Singo Ulung dance is a traditional art dance from Bondowoso that annually been performed at Bondowoso’s anniversary. This traditional dance was created by a respected man named Singo. Singo was name of a person who came from … Continue reading


Segoro Anakan Means Little Ocean

Segoro Anakan Segoro Anakan is good for sailling sports and fishing. It is still natural and has not been developed. It is a virgin mangrove forest tourism object. the visitors can visit Segoro Anakan through Grajagan coast by boat. It … Continue reading


Hotel Deals of the Day
Interesting Links