Kota Kediri


Kota Kediri adalah sebuah kota di propinsi Jawa Timur yang berada di kabupaten Kediri. Kota Kediri memiliki luas 63,40 km² terbelah oleh sungai Brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer.Secara administratif, Kota Kediri dibagi 3 kecamatan yaitu kecamatan Mojoroto, kecamatan Kota, kecamatan Pesantren. Kota Kediri berada pada jalur transportasi regional yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Tulungagung, Nganjuk dan Malang.

Kota Kediri sering disebut sebagai kota yang menyimpan banyak peninggalan bersejarah. Kediri merupakan daerah yang memiliki sejarah masa lalu yang gemilang . Bahkan Kediri di masa lalu adalah daerah penting dalam konstelasi nusantara karena menjadi salah satu pusat di antara kerajaan-kerajaan nusantara masa itu. Artefak arkeologi yang ditemukan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa daerah sekitar Kediri menjadi lokasi kerajaan Kadiri,  sebuah kerajaan Hindu di abad ke-11.

Wilayah Kota Kediri dan sekitarnya diyakini cukup potensial akan obyek-obyek pariwisata yang dapat dikembangkan sebagai sumber daerah. Hal ini dikarenakan adanya obyek wisata alam yang cukup potensial seperti Goa Selomangleng, gunung Maskumbang, aliran Sungai Brantas, maupun obyek wisata buatan seperti Museum Airlangga, dan peningglan situs Kerajaan Kadiri. Disamping itu masih terdapat tempat-tempat rekreasi keluarga, seperti Kolam Renang Pagora, Water Park Tirtayasa, Dermaga Jayabaya, Pemandian Kuwak, Taman Sekartaji dan Dermaga Brantas.

Pengembangan utama untuk kawasan wisata Kota Kediri adalah pengembangan Wisata alam dan buatan pada kawasan Gua Selomangleng. Dalam kawasan tersebut terdapat tempat-tempat bersejarah yang memiliki panorama yang indah. Karena itu, wilayah wisata ini sering sekali dikunjungi oleh banyak pengunjung.

Latest News

Kediri And Everything On It

Kediri Kediri, is still on one of East Java regencies. Settled near the famous river of Brantas River and identically being called as Cigarette city for here there is a well-known cigarette factory of PT.Gudang Garam Dates back to the ancient history, the early Kediri was emerge as Kadiri Kingdom. Kadiri kingdom was finally separated into two kingdoms; Jenggala Kingdom and Panjalu Kingdom. The famous King of Kediri was King Jayabaya, who is distinguished by his talent of Jangka Jayabaya, it was such a premonition for this country. After the…





Hotel Deals of the Day
Interesting Links