Hotel Deals of the Day
Powered by :

Kabupaten Tulungagung

tulungagung

Dikenal dengan sebutan Kota penghasil marmer terbesar di Indonesia, Kabupaten Tulungagung terletak 154 Km arah barat daya Kota Surabaya.

Kabupaten Tulungagung berbatasan dengan Kabupaten Kediri di utara, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Blitar di timur dan Kabupaten Trenggalek di barat.

Menurut sejarahnya, wilayah Tulungagung merupakan wilayah kecil di sekitar tempat yang saat ini adalah alun-alun kota. Nama Tulungagung didapat karena adanya sumber air yang besar pada waktu itu. Dalam bahasa Kawi, Tulung adalah mata air. Sedangkan, agung adalah besar.

Tulungagung terletak di ketinggian 85 Km dari atas permukaan laut. Pada bagian barat merupakan daerah pegunungan, bagian dari pegunungan Wilis-Liman. Pada bagian tengah, Tulungagung merupakan dataran rendah, sedangkan di bagian selatan merupakan pegunungan, bagian dari pegunungan Kidul.

Dilihat dari keadaan alamnya, Tulungagung memiliki beberapa potensi alam yang bisa dimanfaatkan sebagai obyek wisata. Selain dari industri marmer terbesar berpusat di sini, Tulungagung juga memiliki beberapa sentra industri kecil dan menengah.

Obyek Wisata