Hotel Deals of the Day


Goa Akbar

Tuban

Goa Akbar, adalah salah satu obyek wisata Tuban yang paling dikunjungi. Tidak seperti Goa lain yang terletak di atas bukit atau di tempat yang sulit untuk dijangkau, Goa Akbar berlokasi tapat di bawah pasar rakyat.

Goa ini merupakan Goa alami yang indah dengan beberapa sentuhan tambahan di dalamnya seperti kolam air tawar dan ikan-ikan mas yang terpelihara dengan baik. Nama Goa Akbar ini diambil dari nama sebuah pohon yang tumbuh di depan Goa, yaitu pohon Abar.

Di beberapa ruang dalam goa ini dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat bertapa Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang. Pada sisi lain dari dalam goa terdapat sebuah ruangan yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk melakukan ibadah sholat. Bagian ini memiliki lantai dasar goa yang telah dilapis keramik warna putih dan hitam sebagai penanda barisan sholat.

Sebuah ruangan yang cukup luas terdapat pula didalam gua ini diberi nama Paseban Wali yang dipercaya dulunya digunakan oleh para walisongo untuk berkumpul dan menyampaikan ajaran agama Islam. Stalaktit dan stalagmit juga seakan menjadi hiasan ruangan. Ditambah lagi dengan adanya batu-batu besar yang terletak di bagian depan ruang, seakan menjadi podium bagi pembicara.

Galeri Foto

Obyek Wisata