Hotel Deals of the Day

Gedung PTPN Surabaya

PT. Perkebunan Nusantara XI, umumnya dikenal sebagai PTPN XI (Persero), adalah salah satu perusahaan BUMN) yang melibatkan bisnis di perkebunan tebu, dimana menghasilkan gula sebagai produk utama dan molase dalam bentuk alkohol dan spiritus.

Dalam perkembangannya, unit-unit usaha di bawah PT. Perkebunan Nusantara XI terdiri dari 17 pabrik gula,1 pabrik spiritus dan alkohol, 1 pabrik karung goni dan 4 rumah sakit.

Sejarah perusahaan ini dimulai dengan nasionalisasi perusahaan perkebunan asing yang dimiliki oleh kolonial Belanda oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1958 untuk menjadi Perusahaan Perkebunan Negara.

Di tangan Belanda, perusahaan ini awalnya bernama Handelsvereeniging Amsterdam, terletak di Jl. Merak No. 1 Surabaya dan dibangun pada tahun 1920-1925 oleh arsitek terkenal di Batavia, Hulswit, Fermont & Ed. Cuypers.

Gedung ini merupakan satu gedung yang terbesar di Surabaya pada jamannya, dimana menghabiskan 3000 m3 beton dalam pembangunannya dan masih kokoh terpelihara sampai saat ini.

Galeri Foto