Museum Kesehatan Dr Adhyatma, MPH

Dalam rangka untuk menyelamatkan dan melestarikan warisan budaya bangsa, Departemen Kesehatan Indonesia melalui Pusat Pengembangan Riset Teknologi dan Pelayanan Kesehatan di Surabaya, memprakarsai sebuah museum kesehatan sejak tahun 1990.

Museum ini mengumpulkan dan menampilkan beberapa peralatan kesehatan bersejarah sejak waktu awal waktu sampai sekarang. Secara formal pada tanggal 14 September 2004, Menteri Kesehatan meresmikan museum ini dan bernama "Museum Kesehatan Dr Adhyatma dari, MPH - Depkes".

Dalam perkembangannya, mungkin saat ini kita selalu dilayani dengan alat-alat medis dengan tehnologi tinggi dan canggih, tapi kita juga perlu tahu bahwa di waktu-waktu awal, terdapat alat-alat medis sederhana yang turut berperan dalam hal medis.

Oleh karena itu, melalui Museum Kesehatan ini diharapkan menjadi media pendidikan atau pusat pembelajaran bagi masyarakat dan komunitas yang peduli tentang upaya kesehatan.

Tujuan dari museum ini dibangun untuk menyimpan dan melestarikan benda-benda bernilai historis dalam hal kesehatan sampai sekarang. Selain itu museum ini juga berfungsi memberikan informasi kepada generasi sekarang dan generasi mendatang tentang seluk-beluk kesehatan, budaya ilmu pengetahuan sejarah, dan sebagainya.

Museum ini telah dilengkapi dengan "perpustakaan khusus" yang mengumpulkan dan melayani semua bahan pustaka, seperi: buku, majalah, kaset rekaman, rekaman video dan lain-lain. Bahan pustaka ini memungkinkan untuk adanya studi pendalaman budaya dalam kesehatan.

Koleksi ini juga mencakup semua benda-benda bersejarah dalam pelayanan kesehatan dari berbagai daerah, ras / etnis, agama / kepercayaan, dll; Koleksi tersebut diperlihatkan dalam: bentuk asli, imitasi, replika, foto atau gambar.

Sementara ruang pameran secara teknis dalam museum ini dipertunjukkan dalam ruangan yang berbeda yang disebut 'Sasana ", yaitu:

  1. Sasana Adhyatma
    Sasana ini menyajikan berbagai koleksi Adhyatma MPH Dr an ketika ia menjabat sebagai Menteri Kesehatan pada tahun 1988 hingga 1993. Ada juga koleksi prasasti.
  2. Sasana Kencana
    Di ruangan ini dipamerkan berbagai benda bersejarah dari dekorasi, lencana dari logam mulia, surat penghargaan dan sebagainya. Di ruangan itu juga disajikan sejarah dan profil kesehatan pelopor museum.
  3. Sasana Kespro (Kamar Kesehatan Reproduksi)
    Ruangan ini menyimpan dan menampilkan berbagai item / peralatan kesehatan reproduksi termasuk; kesehatan ibu dan anak-anak dari berbagai budaya, kesehatan kehamilan, persalinan dan keluarga berencana.
  4. Sasana Genetika (Kamar Genetika)
    Dalam ruangan ini menunjukkan garis keturunan dan silsilah, seperti silsilah keluarga kerajaan di Indonesia.
  5. Sasana Kesehatan Budaya (Kamar Budaya Kesehatan)
    Di ruangan ini, menampilkan beberapa alat medis yang terkait dengan kepercayaan atau supranatural dan dunia gaib yang berkembang di masa lampau.
  6. Sasana Fauna
    Kita harus tetap waspada terhadap hewan di sekitar kita. Berbagai binatang bisa menjadi mediator penyakit (vektor), tetapi ada juga beberapa binatang yang berkhasiat sebagai obat dan membantu kita semua. Untuk semua informasi tersebut, terdapat di ruangan ini.
  7. Sasana Medik dan Non Medik (Kamar Medis Dan Non Medis)
    Berbagai peralatan kesehatan medis dan non-medis yang disimpan dan ditampilkan di ruangan ini. Benda-benda yang digunakan oleh lembaga kesehatan di masa lalu dan menjadi layanan historis yang besar bagi kesehatan masyarakat kita.
Photo Gallery
Latest News

Loka Jala Crana Museum, The Witness Of The History

Navy Seal Museum Loka Jala Crana At early begin, Loka Jala Crana Museum was built on September 19 1969 by the name of Navy Museum, which is legalized by Mrs. R Mulyadi. According to its name, the navy museum was … Continue reading


The Color Slight On Bratang Flower Market – Surabaya

Bratang Flower Market Bratang flower market is traditional flower market in Surabaya, precisely in Bratang street. At early begin, it was just small area that inhabited by 5 sellers from kayoon market, fortunately, this small area become large and develop … Continue reading


Semanggi Surabaya, The Traditional Salad

Semanggi Surabaya Semanggi or sometimes being called as pecel semanggi, is one of Surabaya traditional culinary. This food is rare to be found, and tends very difficult to find. The problem is about the limitedness of the semanggi or clover … Continue reading


Surabaya Shopping Festival 2012

Surabaya Shopping Festival 2012 By celebrating Surabaya Anniversary, it is now open, Surabaya Shopping Festival 2012. This celebration is cooperated by numbers of Malls and  Plaza that giving special offer to all products sale. Surabaya Shopping Festival is start during … Continue reading


Hotel Deals of the Day
Interesting Links