Rumah Singa


Terletak  tepat di Jl. Hasanudin, Pasuruan, Rumah Singa ini merupakan salah satu bangunan lawas yang masuk cagar budaya kota Pasuruan dan yang masih dirawat dengan baik oleh pemerintah kota.

Pada awal berdirinya, Rumah Singa ini dibangun oleh saudagar kaya dari Cina yang bernama Kwee Sik Poo sejak abad ke 19 lalu, dengan gaya Indische Empire, yang merupakan gaya paling populer di Hindia Belanda saat itu. Beberapa ciri khas Cina pun bisa dilihat pada bagian atap yang menyerupai pelana. Selang beberapa generasi, rumah tersebut sempat dimiliki oleh keluarga Cina yang lain yaitu Han Tik Gwan Khong Shu, salah satu anggota dari perkumpulan keluarga Han.

Dinamakan Rumah Singa karena tepat di bagian depan bangunan ini terdapat sebuah patung Singa, dengan harapan rumah tersebut bisa selalu aman terjaga.

Saat memasuki area Rumah Singa dengan luas 1 hektar ini, akan kita jumpai makam Han Hoo Tong, yaitu ketua Tiong Hwa Hwee Koan kota Pasuruan yang pertama. Sampai saat ini, gedung bersejarah ini dikelola oleh Yayasan Pancasila, yaitu yayasan yang didirikan oleh warga Tionghoa Pasuruan.

Saat VOC menguasai jalur perdagangan di Nusantara, Pasuruan disebut-sebut sebagai Kota Bandar, karena adanya pelabuhan yang digunakan sebagai pusat perdagangan. Saat itu, wilayah administratif Pasuruan meliputi Malang, Probolinggo dan Lumajang. Kondisi tersebut berlangsung hingga kekuasaan pemerintah Hindia Belanda berakhir. Dan pada masa itu pula, keluarga Kwee menjadi salah satu pengusaha kaya yang paling disegani.

Sebagai kota dengan pelabuhan dan kawasan bisnis yang menjanjikan di masa lampau, Rumah Singa bisa dikatakan sebagai simbol kejayaan Pasuruan, saat menjadi pusat perdagangan di Jawa Timur.

Latest News

Sien Orchid, See The Orchids

Sien Orchid Agrotourism Sien Orchid is an orchid garden which stores various kinds of orchids and ornamental plants, located in between Pandaan Tretes access road, where the tourists can see beautiful orchids and both can be bought as souvenirs. In … Continue reading


The Nature’s Home Of Kaliandra

Kaliandra Sejati Kaliandra is a non-governmental organization incorporated under the laws of the foundation. The name is inspired from the tree Kaliandra or Caliandra calothyrsus, known as a pioneer plant, because of its ability to survive in critical lands, and … Continue reading


Ski Lot; Ski On ‘Celot’

Ski Lot Ski lot is such a traditional game from Lekok village, one of urban areas in Pasuruan Regency. At early begin, this game was played by the fishermans who spend the vacant time during their fishing time. This game … Continue reading


The Pudel Show On Taman Safari Indonesia II

Taman Safari Indonesia II Taman Safari Indonesia II is located in Jatirejo Village, Prigen sub-district, Pasuruan regency. This venue having an elevation between 800-1500 above sea level. Taman Safari Indonesia II was designed with two concepts in mind, combining modern … Continue reading


Hotel Deals of the Day
Interesting Links