Gambaran Telaga Sarangan


Telaga Sarangan, atau telaga pasir adalah salah satu obyek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan saat berada di Magetan. Telaga Sarangan ini terletak di kaki gunung Lawu, tepatnya berada di kecamatan Plaosan, 16 Km arah barat dari kota Magetan.

Telaga Sarangan memiliki luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman 28 meter. Obyek wisata ini sungguh indah dengan sentuhan romantisme di setiap sudutnya, dengan suhu udara sekitar 18 derajat dan hijaunya pegunungan sebagai background, menambah keindahan yang alami di telaga ini.

Telaga Sarangan terletak di perbatasan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah tepatnya di bagian barat Kabupaten Magetan. Dari Kota Surabaya dapat ditempuh melalui rute-rute berikut, Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Nganjuk-Madiun/Ngawi-Magetan-Sarangan.

Magetan

Di sekitar telaga Sarangan ini disediakan beberapa penginapan untuk para pengunjung yang ingin tinggal lebih lama untuk menikmati telaga yang eksotis ini. Terdapat juga beberapa pedagang keliling yang menawarkan sate kelinci sebagai menu utama mereka, dan beberapa penjual yang menawarkan menu untuk menghangatkan badan seperti ronde dan angsle. Di sini juga, para pengunjung bisa berkuda untuk menyisir daerah yang indah ini atau menyewa Speed Boat untuk mengaruni danau Sarangan. Sungguh tempat yang sangat nyaman untuk dijadikan tempat peristirahatan dari penatnya kesibukan kota.

Air Terjun Tirtosari adalah obyek wisata yang masih termasuk dalam Kawasan Wisata Sarangan tepatnya di sebelah Barat Daya Telaga Sarangan. Obyek wisata ini dapat ditempuh dengan jalan kaki menyusuri pegunungan dengan pemandangan yang sangat indah dan ladang berundak khas pegunungan menjadi latar belakang yang mendominasi.

Air terjun Tirosari memiliki ketinggian hampir 50 meter. Masyarakat sekitar percaya bahwa dengan membasuh muka di air terjun tersebut akan membuat kita awet muda dan mempercantik, khususnya wanita. Namun, terlepas dari mitos tersebut air terjun Tirtosari ini memang sangatlah cantik dan elok.

Untuk menuju ke lokasi air terjun, pengunjung harus masuk terlebih dahulu melalui kawasan wisata Telaga Sarangan, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki dan menaiki anak tangga yang menuju ke air terjun.


Photo Gallery
Latest News

The Crowd In Ledug Suro Ceremony

Ledug Suro Ledug suro is one of annual ceremonial that being held in some regencies in each province in Indonesia. Each provinces are having different names but have the same purpose. This Ledug Suro is particularly known for Magetan Regency. … Continue reading


Sarangan Lake

Sarangan Lake Telaga Sarangan is also known as sand lake, is a natural lake that lies at the foot of Mount Lawu, Plaosan district , Magetan regency, East Java. Located about 16 kilometers west of the city Magetan, Sarangan is … Continue reading


Ledhug Suro Ceremony, Magetan

Ledhug Suro There are so many ways that being held by the local government to celebrate the new year of Hijriah. At Jogjakarta there is Sekaten, at Solo (Central Java) there is Grebeg Syuro because it coincidently come with the … Continue reading


Sadon Temple

Sadon Temple Sadon temple or Reog temple is located in Sadon hamlet, Cepoko village, Panekan sub-district, Magetan. The local inhabitants are familiar with Reog temple than Sadon temple. It precisely located on 3 km from Magetan city. This temple was … Continue reading


Hotel Deals of the Day
Interesting Links