Hotel Deals of the Day
Powered by :

Kabupaten Lumajang

lumajang

Kabupaten ini memiliki ibukota yang sama dengan namanya, Lumajang. Berbatasan langsung dengan kabupaten Probolinggo di utara, kabupaten Jember di Timur, Samudera Hindia di selatan dan kabupaten Malang di barat. Diindikasikan, nama Lumajang berasal dari kata Lamajang, yang merupakan sebuah negaradi tahun 1255 M. Negara Lamajang memiliki wilayah, raja, pemimpin daerah, pemerintahan yang teratur dan semua bukti terarah pada Prasasti Mula Malurung yang ditemukan di Kediri pada tahun 1975. Karena hal itu pula, hari jadi Lumajang ditetapkan pada tanggal 15 Desember 1255 M.

Dengan luas 1790,90 Km2, kabupaten Lumajang merupakan dataran yang subur karena diapit oleh keberadaan 3 gunung, yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lamongan.

Selain itu, Kabupaten penghasil pisan terbanyak ini juga merupakan salah satu kabupaten yang terletak di kawasan Tapal Kuda; di bagian barat laut kabupaten ini berbatasan dengan serangkaian pegunungan seperti Bromo-Tengger-Semeru, gunung-gunung yang terkenal di Jawa Timur. Sedangkan, di bagian timur dari kabupaten ini memiliki geografis yang lebih rendah sehingga memiliki beberapa pantai, seperti pantai Bambang, Watu Pecak, Dampar, Wotgalih dan masih banyak lagi.

Dari keadaan alam yang tersebut di atas, bisa dipastikan banyak potensi wisata yang bisa temukan di kabupaten yang banyak didominasi suku Jawa dan Madura ini.

Obyek Wisata