Hotel Deals of the Day
Powered by :

Kabupaten Jember

Jember

Berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo dan Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudra Hindia di selatan dan Kabupaten Lumajang di barat, membuat Kabupaten Jember sebagi pusat regional di kawasan tapal kuda.

Dengan luas 3.293,34 Km2, penduduk yang banyak mendiami kabupaten Jember adalah suku Jawa dan suku Madura, dengan penduduk minoritas Tionghoa dan suku Osing. Suku Madura banyak berdomisili di daerah utara dan suku Jawa banyak bertempat tinggal di Selatan dan bagian pesisir pantai.

Bahasa sehari-hari yang sering digunakan adalah bahasa Jawa dan Madura dan yang memunculkan beberapa percampuran bahasa dari dua budaya tersebut. Adanya kebudayaan Jawa dan Madura di Jember melahirkan kebudayaan baru yang bernama budaya Pendalungan.

Sebagian besar penduduk Jember berprfesi sebagai petani, dimana banyak perkebunan pribadi ataupun perkebunan yang dikelola oleh PTP Nusantara Tarutama Nusantara. Jember terkenal sebagai salah satu penghasil tembakau utama di Indonesia dan banyak memproduksi cerutu.

Selain dimanfaatkan sebagai pertanian, banyak perkebunan juga dimanfaatkan sebagai agro wisata untuk keperluar pariwisata Jember. Selain itu, terdapat beberapa obyek wisata potensial seperti pantai yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Jember.

Interesting Place